Dinkes Kota Cimahi Terima 500 Dosis Vaksin COVID-19

Admin   31/12/2023 18:46 WIB

Dinkes Kota Cimahi Terima 500 Dosis Vaksin COVID-19
CIMAHI - Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Cimahi menerima sebanyak 500 dosis vaksin COVID-19 dari pemerintah pusat melalui Pemprov Jabar. Vaksin tersebut rencananya akan digunakan untuk umum pada Januari 2024.

"Vaksin yang sudah kita terima itu ada 500 dosis. Sudah disimpan di gudang kami," kata Kepala Bidang Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Menular pada Dinkes Kota Cimahi, Dwihadi Isnalini pada Jumat (29/12/2023).

Dia mengatakan, pelaksanaan vaksinasi COVID-19 akan dimulai Januari 2024 secara gratis bagi masyarakat. Pelaksanaannya sudah ditetapkan di lima titik yakni Puskesmas Cimahi Tengah, Puskesmas Cimahi Selatan, RSUD Cibabat, Klinik Pratama Denanti dan Klinik dr. Nur.

"Nanti kita akan buat pengumuman. Tapi yang pasti vaksin ini gratis bagi masyarakat dan dilaksanakan di lima tempat," terang Dwihadi.

Dirinya mengatakan untuk ketersediaan COVID-19 itu bisa saja bertambah. Hanya saja tergantung animo dari masyarakat. Sebab, melihat animo masyarakat dalam melakukan vaksinasi yang terakhir sedikit mengalami penurunan.

"Sementara kita siapkan 500 dosis dulu. Kita melihat dulu animo masyarakat terhadap vaksin, dulu juga menurun. Kalau permintaan banyak kita bisa nambah," kata Dwihadi.

Dia melanjutkan, pelaksanaan vaksinasi ini dilakukan atas intruksi dari pemerintah pusat dikarenakan COVID-19 masih ada. Di Kota Cimahi, untuk Desember saja ada 14 orang yang positif terpapar virus tersebut.

"Intinya ini intruksi untuk dilaksanakan vaksinasi untuk mengantisipasi adanya COVID-19 yang masih ada," pungkasnya.

Pemerintah Daerah Kota Cimahi © 2020