Pemkot Cimahi Sosialisasi Perizinan, Permodalan, Dan Peningkatan Literasi Keuangan Bagi Pelaku Usaha Mikro Dan UMKM

Admin   26/08/2023 23:15 WIB

Pemkot Cimahi Sosialisasi Perizinan, Permodalan, Dan Peningkatan Literasi Keuangan Bagi Pelaku Usaha Mikro Dan UMKM
CIMAHI.- Pemerintah Kota Cimahi menggelar sosialisasi perizinan bagi UMKM, akses permodalan bagi usaha mikro, dan peningkatan literasi keuangan secara digital di Gedung Cimahi Technopark Jalan Baros Kota Cimahi. Ekonomi Kota Cimahi sangat ditunjang oleh pelaku usaha sebagai penggerak ekonomi lokal, termasuk para pelaku usaha mikro.

Kegiatan diikuti ratusan anggota kelompok Usaha Peningkatan Pendapatan Keluarga (UP2K) PKK se-Kota Cimahi. Sosialisasi dibuka Pj. Wali Kota Cimahi Dikdik S. Nugrahawan, dan dihadiri Ketua TP PKK Kota Cimahi Euis Hotimah Dikdik, Kepala Dinas Perdagangan Koperasi UKM dan Perindustrian (Disdagkoperin) Hella Haerani, serta Kepala Dinas Pemberdayaan Perempuan, Perlindungan Anak, Pengendalian Keluarga dan Keluarga Berencana (DP3AP2KB) Kota Cimahi Fitriani Manan.

Pj. Walikota Cimahi Dikdik S. Nugrahawan mengatakan, di tahun 2023 Pemkot Cimahi terus mendorong upaya pemulihan ekonomi, khususnya untuk pemberdayaan  pelaku usaha mikro. "Karena bagaimanapun pelaku usaha mikro merupakan salah satu sektor penting dalam mendongkrak perekonomian pasca pandemi Covid-19, dan sebagai penopang ekonomi lokal Kota Cimahi," ujarnya.

Dikdik mengatakan, kelemahan pelaku usaha mikro bukan semata-mata pada aspek permodalan. Namun, pengetahuan terhadap model bisnis yang harus dikembangkan, juga kemampuan manajerial yang sesuai dengan tuntutan kebutuhan pasar.

"Pemkot Cimahi melalui  Disdagkoperin menyelenggarakan kegiatan-kegiatan yang mendorong  peningkatan daya saing pelaku usaha mikro yang berkualitas, termasuk diantaranya UP2K.

Untuk kegiatan sosialisasi tersebut, merupakan upaya Pemkot Cimahi untuk percepatan pelaku usaha mikro dalam menguasai era dunia usaha digital.

"Hal ini mengingat era 4.0 sudah menjadi keharusan untuk dapat menguasai teknologi informasi, dalam rangka mempercepat penguasaan pasar yang seluruhnya sudah terkoneksi pada digitalisasi teknologi," tuturnya.

Pihaknya berharap UP2K PKK se-Kota Cimahi sebagai bagian dari masyarakat embrio UKM dapat meningkatkan pengetahuan dan daya saing. "Sehingga dapat tumbuh secara mandiri dan membantu meningkatkan perekonomian Kota Cimahi," tandasnya.***

Pemerintah Daerah Kota Cimahi © 2020