Inspiratif! Buruh Asal Cimahi Bisa Dapat Uang Setiap Hari dari Bisnis Burung Puyuh

Admin   23/05/2023 09:03 WIB

Inspiratif! Buruh Asal Cimahi Bisa Dapat Uang Setiap Hari dari Bisnis Burung Puyuh

CIMAHI - Budidaya burung puyuh bisa dibilang jadi bisnis yang cukup menjanjikan saat ini. Setidaknya itulah yang terpikir dibenak Riska Prianti (30), yang bisa mendapat cuan setiap hari dari usaha telur burung puyuh.

Bisnis budidaya burung puyuh petelur itu mulai digarap buruh asal Kampung Tangkil, RT 03/07, Kelurahan Cigugur Tengah, Kecamatan Cimahi Tengah, Kota Cimahi tahun 2021. Ketika itu iklim di pabrik tempatnya bekerja sedang tidak stabil karena dihantam pandemi COVID-19.

Riska pun tak sengaja melihat budidaya telur puyuh di Youtube dan media sosial lainnya hingga akhirnya tertarik dan mempelajarinya secara autodidak. Ia melihat peluang yang cukup menggiurkan, hingga nekat pergi ke Yogyakarta untuk melihat langsung tata cara budidaya burung puyuh.

"Waktu COVID-19 kan kerjaan enggak stabil, saya terjun ke burung puyuh karena liat di Youtube perawatannya mudah dan jualnya cepet. Saya sampe ke Yogya main ke peternakan," kata Riska pada Senin (22/5/2023).

Riska memilai usahanya dengan membeli sekitar 300 ekor anakan burung puyuh beserta peralatan lainnya seperti kandang, pakan dan vitamin. Untuk tempatnya, Riska memanfaatkan gudang kosong bekas ternak burung peliharaan ayahnya seluas 3x10 meter di lantai dua rumahnya.

"Modalnya waktu itu semuanya sekitar Rp 5 juta buat beli anak burung puyuh, kandang dan sebagainya," ucap Riska.

Namun saat memulainya, Riska harus merasakan pahit terlebih dulu dimana dari 300 ekor burung puyuh yang dibudidayakan, hanya 100 ekor yang masih bertahan hingga bertelur. Sedangkan sekitar 200 ekor sisanya mati.

Kendala lain yang dihadapinya saat memulai adalah kebingungan membuang kotoran burung puyuh. Namun Riska tidak menyerah dan terus belajar. Dia pun terus menambah populasi burung puyuhnya hingga kini bisa memiliki sekitar 1.000 ekor.

"Terus kotorannya sekarang itu ada yang ambil untuk dimanfaatkan jadi pupuk di Kampung Cabai, masih di deket sini juga lokasinya," kata dia.

Dari sekitar 1.000 ekor burung puyuh inilah Riska mulai mendapat cuan lebih. Setiap bulannya, burung puyuh miliknya menghasilkan telur sekitar 300 kilogram. Telur-telur itu ia kirim ke pelanggan yang masih berada di wilayah Kota Cimahi.

Riska mengungkapkan, dari ratusan kilogram telur itu, omzet yang didapat mencapai sekitar Rp 9 hingga 10 juta setiap bulannya. Namun perhitungan omzet itu baru hitungan kasar sebab ia harus sisihkan untuk kebutuhan pakan dan perawatan lainnya.

"Panennya setiap hari sekitar 9-10 kilogram. Kalau perhitungan bersihnya sekitar 4-5 juta setiap bulannya," terangnya.

Dengan prospek yang cukup menjanjikan, Riska pun berencana untuk menambah populasi burung puyuhnya agar telur yang dihasilkan semakin banyak. Sebab, kata dia, produksi telur yang dihasilkan saat ini tidak sebanding dengan permintaan pelanggan yang semakin bertambah.

"Sekarang alhamdulillah kalau permintaan banyak, kemarin ada yang minta 50 kilogram setiap harinya tapi sayanya belum siap karena masih terbatas," sebut Riska.

Meski kini sudah memiliki usaha yang melebihi gaji UMK, Riska tidak akan meninggalkan pekerjaannya sebagai buruh. Sebab menurutnya, keduanya bisa dijalani secara bersamaan. Apalagi usaha budidaya burung puyuh terbilang lebih santai dan mudah.

Ia hanya perlu melakukan perawatan seperti membersihkan kandang, memberi pakan hingga vitamin agar burung puyuh miliknya tetap sehat dan produktif. "Intinya sih kalau saya kerja pagi atau malam, saya selalu cek kandang setiap hari untuk bersihin kandang, ngasih pakan sampai ambil telurnya," ujarnya.

Pemerintah Daerah Kota Cimahi © 2020