Sinergitas Pemkot Cimahi-RT RW Perlu Ditingkatkan Untuk Mendukung Kemajuan Kota Cimahi

Admin   23/05/2023 09:00 WIB

Sinergitas Pemkot Cimahi-RT RW Perlu Ditingkatkan Untuk Mendukung Kemajuan Kota Cimahi
CIMAHI.- Jajaran RT-RW sebagai lembaga yang bersentuhan langsung dengan masyarakat sangat penting keberadaannya bagi Pemerintah Kota Cimahi. Diharapkan, kolaborasi dan sinergi bersama dapat lebih ditingkatkan demi kemajuan dan kebahagiaan masyarakat Kota Cimahi. 

Pj. Walikota Cimahi Dikdik S. Nugrahawan mengatakan hal itu pada kegiatan Halal Bihalal Forum RT-RW Se-Kota Cimahi yang digelar di gedung Cimahi Techno Park Jalan Baros Kota Cimahi, Sabtu (20/5/2023).

"Kegiatan ini bagian dalam membangun silaturahim antarlembaga di masyarakat dengan pemerintah. Hal ini saya syukuri, dimana Cimahi Ngahiji juga tercermin dalam kebersamaan lembaga masyarakat dan Pemkot Cimahi sehingga menjadikan Cimahi lebih maju," ujarnya.

Tahun ini Kota Cimahi akan merayakan hari jadi ke-22 tahun. Patut disyukuri bahwa Kota Cimahi telah menorehkan berbagai prestasi dan mampu bertahan dalam gelombang covid-19 yang menyerang seluruh sendi kehidupan dunia.

"Namun, pekerjaan rumah kita tidak sedikit terutama pemenuhan berbagai macam kebutuhan masyarakat, lapangan kerja dan pendapatan yang layak, dan lainnya. RT-RW 

sebagai lembaga yang bersentuhan langsung dengan masyarakat sangat penting keberadaannya, diharapkan mampu menjembatani komunikasi antara masyarakat dan Pemkot Cimahi," katanya.

Jajaran RT-RW harus bisa memfasilitasi masyarakat untuk memperoleh dan memanfaatkan sumber daya yang berasal dari pemerintah dan dari masyarakat sendiri untuk meningkatkan status kesehatan dan kesejahteraan sosial. Isu terkini seperti pemanasan global, pemulihan covid, pengentasan kemiskinan dan konflik kemanusiaan juga harus menjadi perhatian bersama dengan persiapan dan pembekalan akan kemungkinan yang akan terjadi. Dikdik menegaskan,  perangkat kelurahan mulai dari RT-RW hingga lurah adalah operator pembangunan, kualitas perangkat adalah syarat mutlak suksesnya pembangunan.

"Jajaran RT-RW harus memiliki kompetensi yang sesuai dengan kebutuhan organisasi. Jangan bosan menambah ilmu dan mengasah kemampuan sehingga dapat mengikuti perkembangan zaman," imbuhnya.

Pihaknya berharap pengurus RT-RW Kota Cimahi tidak sungkan memberikan masukan kepada pemerintah secara objektif, optimal dan berkesinambungan sesuai mekanisme yang berlaku.

"Pemerintah kota berusaha mendorong kinerja bapak ibu melalui insentif yang diberikan, walaupun jumlahnya tidak seberapa, tetapi kami berupaya untuk meningkatkan jumlahnya dari waktu ke waktu," tuturnya.***

Pemerintah Daerah Kota Cimahi © 2020