Peran Strategis Bidan Dalam Membantu Kesehatan Ibu-Anak Kota Cimahi

Admin   10/01/2023 09:07 WIB

Peran Strategis Bidan Dalam Membantu Kesehatan Ibu-Anak Kota Cimahi

CIMAHI.- Di tengah pandemi Covid-19, bidan menghadapi tantangan dalam pelayanan kepada masyarakat. Peran bidan sangat strategis untuk membantu kesehatan masyarakat terutama ibu dan anak.

Demikian diungkapkan Pj. Walikota Cimahi Dikdik S. Nugrahawan dalam membuka Rapat Kerja Cabang Ikatan Bidan Indonesia (IBI) Kota Cimahi periode kepengurusan tahun 2018-2023, Sabtu (7/1/2023). Kegiatan Rakercab IBI Kota Cimahi berlangsung di gedung Cimahi Techno Park (CTP) Jalan Baros-Kelurahan Utama Kota Cimahi.

"Bidan telah turut ambil bagian dalam penanganan krisis serta peningkatan kualitas kesehatan masyarakat, terutama kesehatan ibu dan anak di Kota Cimahi," ujarnya.

Sejalan dengan tema rakercab yaitu perjalanan panjang profesi bidan mewujudkan generasi unggul menuju Indonesia maju, Pemkot Cimahi mendukung penuh pelaksanaan kegiatan tersebut.

"Selain memberikan pelayanan kebidanan para bidan juga berperan dalam mengelola pelayanan, menjadi penyuluh dan konselor, pendidik, pembimbing dan fasilitator klinik, penggerak serta ikut serta dalam usaha pemberdayaan masyarakat," katanya.

Dia mengakui, tugas bidan tidak  mudah dan sederhana sebagai tumpuan dalam memajukan dan meningkatkan derajat kesehatan ibu hamil, bayi dan balita. "Hal itu sangat berpengaruh dalam keberlangsungan kehidupan manusia yang berkualitas," ucapnya.

Pihaknya mengajak bidan yang tergabung dalam wadah IBI Kota Cimahi dapat melakukan evaluasi atas kinerja sebelumnya dan menyusun rancangan perubahan dan penyempurnaan kebijakan organisasi secara objektif agar yang efektif dan efisien.

"Kegiatan ini dapat menjadi momentum untuk semakin mendorong produktifitas dan kompetensi serta profesionalisme bidan sebagai  anggota IBI dalam mengimplementasikan program kerja dan tetap menjadi mitra bagi Pemkot Cimahi," ungkapnya.

Selain itu, hal yang harus selalu diperhatikan yaitu legalitas dalam memberikan pelayanan kesehatan. "Bidan dan IBI Kota Cimahi agar selalu memperhatikan dan memenuhi aspek legalitas dalam pelayanan kesehatan. Jangan sungkan berkoordinasi dengan Pemkot Cimahi, kami juga terbuka dalam hal kritik dan saran untuk pembangunan Kota Cimahi," tuturnya.***

Pemerintah Daerah Kota Cimahi © 2020