Pemkot Cimahi Dukung Program UMKM Jabar Juara untuk Pemulihan Ekonomi

Admin   07/07/2022 10:46 WIB

Pemkot Cimahi Dukung Program UMKM Jabar Juara untuk Pemulihan Ekonomi


CIMAHI - Pemerintah Kota (Pemkot) Cimahi mendukung program UMKM Jabar Juara sebagai langkah agar para UMKM lokal di Jawa Barat termasuk di Kota Cimahi naik kelas.

Asisten II Bidang Ekonomi dan Pembangunan pada Setda Koya Cimahi, Achmad Nuryana mengatakan, Presiden Joko Widodo sendiri terus mendorong agar masyarakat untuk membeli produk-produk lokal.

"Sehingga itu menjadi peluang agar UMKM lokal bisa maju bersaing dengan produk dari luar," kata Achmad pada Rabu (6/7/2022).

Pihaknya, kata dia, melalui Dinas Perdagangan Koperasi UMKM dan Perindustrian (Disdagkoperind) Kota Cimahi terus berkomitmen untuk melakukan pelatihan dan pendampingan terhadap para UMKM di Kota Cimahi agar terus berkembang.

"Seperti melalui pelatihan, memfasilitasi pemasaran, dan yang lainnya. Jadi yang belum punya UMKM mau ikut usaha, sedangkan yang sudah jalan bisa naik kelas," tuturnya.

Kepala Bidang Koperasi dan UMKM pada Disdagkoperind Kpta Cimahi, Rina Mulyani mengatakan, pihaknya terus mendorong pelaku Usaha Menengah Kecil dan Mikro (UMKM) di Kota Cimahi terus melakukan inovasi.


Pasalnya, dengan inovasi dari mulai produk hingga pemasaran menjadi salah satu solusi untuk bertahan ditengah hantaman pandemi Covid-19, dimana nyaris semua sektor perekonomian terdampak.


"Yang gak bisa berinovasi pasti akan tersisihkan. Kalau di Cimahi ada yang alih produksi, kemudian memaksimalkan digitalisasi sehingga mereka bertahan," kata Rina.

Pemerintah Daerah Kota Cimahi © 2020