Plt. Walikota Cimahi Nilai PPKM Cukup Efektif Menekan Penyebaran Covid-19 Kota Cimahi

Admin   08/02/2021 12:22 WIB

Plt. Walikota Cimahi Nilai PPKM Cukup Efektif Menekan Penyebaran Covid-19 Kota Cimahi
CIMAHI.-Hasil evaluasi Tim Satgas Covid-19 Kota Cimahi terkait Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Tahap II Kota Cimahi menilai kebijakan tersebut dianggap efektif menekan penyebaran covid-19 Kota Cimahi. Meski terjadi penambahan kasus terkonfirmasi positif namun kesadaran masyarakat dalam protokol kesehatan juga meningkat.
Demikian diungkapkan Plt. Walikota Cimahi Ngatiyana usai Rapat Evaluasi PPKM Tahap II di Ruang Rapat Walikota Cimahi Kompleks Pemkot Cimahi Jalan Raden Demang Hardjakusumah Kota Cimahi, Jumat (5/2/2021). "Kita sampaikan beberapa hal terkait kondisi penyebaran covid-19 Kota Cimahi. Saat ini terus terang di PPKM II ada peningkatan kasus terkonfirmasi dan kasus meninggal. Tapi ada juga peningkatan kasus sembuh," ujarnya.
Menurut Ngatiyana, salah satu penambahan kasus positif terutama penderita usia lansia dengan penyakit bawaan seperti jantung, paru-paru. "Mereka ada komorbid dan dapat covid sehingga mudah terserang," ucapnya.
Ngatiyana meyakini PPKM tetap efektif menekan penyebaran covid-19 Kota Cimahi. "Cimahi khususnya justru dapat apresiasi dari Gubernur Jabar bahwa Cimahi termasuk daerah yang bisa mengendalikan tingkat kesadaran protokol kesehatan masyarakat terutama kemarin dapat peringkat pertama terkait penggunaan masker. Itu tandanya mayoritas kesadaran masyarakat pakai masker sudah meningkat," ungkapnya.
Berbagai faktor ditengarai menjadi salah satu penyebab PPKM cukup berhasil di Kota Cimahi. Mulai dari luas wilayah hanya berkisar 42 km2 namun dengan kepadatan penduduk yang tinggi hingga keterlibatan TNI-Polri ikutserta operasi hingga ke wilayah.
"Disini banyak TNI-Polri yang ikut turun sampai ke wilayah melaksanakan sosialisasi bersama pemerintah sampai tingkat kelurahan. Banyak satuan militer ikut terjun juga membantu menyadarkan masyarakat. Semua menyadari bahwa covid masih ada dan kita harus tetap lakukan pencegahan," tuturnya.***

Pemerintah Daerah Kota Cimahi © 2020