Anak-anak Titipkan Harapan Kepada Pemkot Cimahi

Admin   31/07/2022 14:04 WIB

Anak-anak Titipkan Harapan Kepada Pemkot Cimahi

CIMAHI.-  Peringatan Hari Anak Nasional (HAN) Tingkat Kota Cimahi Tahun 2022 digelar secara tatap muka setelah dua tahun berturut-turut dilaksanakan secara virtual karena pandemi Covid-19. Kegiatan ini diikuti oleh perwakilan siswa-siswi tingkat SD, SMP, SMA dan Forum Anak Kelurahan se-Kota Cimahi.
Tema Hari Anak Nasional Tahun 2022 “Anak Terlindungi, Indonesia Maju”, Kota Cimahi mengambil sub tema “Anak Tangguh Pasca Pandemi COVID-19”. Memeriahkan acara tersebut, terdapat acara hiburan dongeng dari Komunitas HAYU MACA dan Kaulinan Barudak, serta materi bahaya narkoba dari Badan Narkotika Nasional (BNN) Kota Cimahi.
Dalam kegiatan tersebut, anak-anak menuliskan harapannya untuk Kota Cimahi. Mereka juga mendoakan Pemerintah Kota Cimahi dapat terus melayani masyarakatnya termasuk anak-anak.
Menanggapi hal itu, Plt. Walikota Cimahi Ngatiyana menyatakan bakal melakukan berbagai upaya atas harapan dari para pelajar Kota Cimahi. "Ada yang minta Cimahi lebih asri, kita terus lakukan penghijauan dengan revitalisasi taman agar warga termasuk pelajar betah. Ada yang minta Stadion Sangkuriang segera dibenahi agar bisa dipakai berlatih sepakbola, dalam waktu dekat dibenahi dan sudah ada anggarannya. Kami akan koordinasi dengan sejumlah pihak untuk mewujudkan harapan anak-anak kepada pemerintah. Semoga bisa terlaksana," ujarnya.
Ngatiyana mengatakan, pandemi  terjadi perubahan dalam pola kehidupan anak sehingga mengalami berbagai persoalan antara lain penyesuaian kembali anak dalam kehidupan bermasyarakat, belajar, dan pemanfaatan waktu luang dengan tidak mengabaikan protokol Kesehatan menjadi tantangan tersendiri untuk anak-anak.
“Peringatan HAN menjadi momen kembali melakukan refleksi pemenuhan hak-hak anak terutama di tengah masa pandemi Covid-19. Hak anak yang selama pandemi terabaikan atau sulit dipenuhi karena keterbatas  diharapkan dapat segera dilakukan. Diantaranya pemenuhan hak atas pengasuhan, kesehatan, perlindungan dan Pendidikan," katanya.
Peringatan HAN merupakan momentum penting untuk menggugah kepedulian dan partisipasi seluruh komponen bangsa Indonesia dalam menjamin pemenuhan hak anak atas hak hidup, tumbuh, berkembang, dan berpartisipasi secara wajar sesuai dengan harkat dan martabat kemanusiaan, serta mendapat perlindungan dari kekerasan dan diskriminasi.
Hari Anak Nasional yang diperingati setiap tanggal 23 Juni merupakan bentuk penghormatan, perlindungan, dan pemenuhan hak anak sebagai generasi penerus bangsa. Selaras dengan hal tersebut Ngatiyana mengungkapkan bahwa anak-anak Indonesia yang ada saat ini kelak akan memegang peranan strategis ketika 100 tahun Indonesia merdeka di tahun 2045. 
“Oleh karena itu kita mengharapkan calon pimpinan bangsa ke depan tersebut menjadi generasi emas yang cerdas, sehat, unggul, berkarakter dan dalam sukacita dan tetap menjunjung nilai-nilai moral yang kuat,” tukasnya.***

Pemerintah Daerah Kota Cimahi © 2020