Pelaku IKM Cimahi Dapat Pelatihan Bisnis Online Untuk Merambah Ekspor

Admin   19/07/2022 08:34 WIB

Pelaku IKM Cimahi Dapat Pelatihan Bisnis Online Untuk Merambah Ekspor

CIMAHI.- Sebanyak 30 pelaku Industri Kecil dan Menengah (IKM) Kota Cimahi mengikuti kegiatan pelatihan Akses dan Survei Pasar Ekspor Melalui Internet. Dengan pelatihan diharapkan para pelaku usaha tersebut dapat mulai menjajaki penyaluran ekspor untuk meningkatkan pemasaran.
Pelatihan diinisiasi Dinas Perdagangan Koperasi UKM dan Perindustrian (Disdagkoperin) Kota Cimahi. Mereka mendapat beragam materi, diantaranya eksport marketing plan, pengalaman melakukan akses dan survei pasar melalui internet untuk bisnis ekpor, dan studi kasus.
Kepala Disdagkoperin Kota Cimahi, Dadan Darmawan mengatakan, di era globalisasi saat ini kegiatan ekspor produk ke luar negeri bukan lagi hal yang sulit. "Sudah banyak pebisnis lokal yang melebarkan sayapnya dengan menjual produk mereka ke negara lain. Di sisi lain, sudah banyak kemudahan yang diberikan pemerintah, agar bisnis ekspor bisa berjalan dengan lancar dan berkesinambungan," ujarnya.
Menurut dia, mudahnya informasi yang bisa didapatkan dari berbagai sumber, contohnya melalui internet, maka belajar bisnis ekspor bukanlah perkara yang sulit dilakukan.
"Kondisi pandemi Covid-19 yang saat ini masih berkepanjangan terjadi di hampir seluruh belahan dunia, tentu menuntut pelaku usaha agar bisa mencari strategi pemasaran yang lebih efektif efisien. Dan mungkin salah satu potensinya melalui strategi eskpor ini," terangnya.
Disebutkan Dadan, agar produk para pelaku IKM ini bisa merambah pasar ekspor, diperlukan kesungguhan dan konsistensi dari semua, terutama terkait bagaimana bisa menjaga standar produk yang dihasilkan, menjaga produktivitas produksi, sehingga proses ekspor bisa berjalan dengan baik dan berkelanjutan.
"Memang perlu dipersiapkan dengan baik, matang dan terencana. Mudah-mudahan melalui kegiatan pelatihan ini kita bisa mengetahui hal-hal apa saja yang harus kita jaga dan persiapkan," imbuhnya.
Lebih jauh dikatakan Dadan, pada era pasar bebas dan di tengah pandemi ini, pemerintah indonesia sangat mendorong agar pelaku usaha lokal bisa go internasional. Untuk menjadi pelaku usaha yang mendunia, pelaku IKM yang berdaya saing dan tangguh, tidak hanya di pasar lokal, regional, nasional, etapi juga di pasar internasional.
"Banyak kebijakan pemerintah dalam menunjang kemudahan melakukan bisnis ekspor kepada pelaku IKM. Secara ekonomi, tujuan pemerintah adalah membuat neraca perdagangan atau neraca ekspor – impor menjadi positif, yaitu nilai ekspor surplus atau lebih besar dari nilai impor dalam suatu periode tertentu," jelasnya.
Lewat pelatihan ini dapat menjadi kegiatan yang terencana dan berkesinambungan, dan dapat melahirkan hasil yang nyata berupa kemampuan serta kemandirian pelaku usaha Kota Cimahi untuk dapat bertahan pada masa pandemi ini.
"Harapan kami, setelah kegiatan ini para pelaku IKM di Kota Cimahi mulai menyiapkan diri untuk merintis ekspor produk ataupun meningkatkan volume produk ekspor ke luar negeri. Sehingga dapat meningkatkan perekonomian di Kota Cimahi pada khususnya, dan perekonomian indonesia pada umumnya," pungkasnya.***

Pemerintah Daerah Kota Cimahi © 2020