Koperasi Harus Meneruskan Semangat Kebangkitan Ekonomi

Admin   19/07/2022 08:30 WIB

Koperasi Harus Meneruskan Semangat Kebangkitan Ekonomi

CIMAHI.- Pemerintah Kota Cimahi mendorong koperasi di Kota Cimahi meneruskan semangat kebangkitan ekonomi dalam rangka pemulihan akibat dampak pandemi. Lembaga koperasi telah teruji sebagai penyangga utama perekonomian yang dapat membantu masyarakat untuk mencapai kesejahteraan.

Hal itu diungkapkan Plt. Walikota Cimahi Ngatiyana pada upacara Hari Koperasi Nasional 2022 tingkat Kota Cimahi di pelataran Cimahi Techno Park Jalan Baros Kota Cimahi. "Mudah-mudahan koperasi tetap jaya, maju terus dalam membantu masyarakat sehingga meningkatkan ekonomi ditengah dampak pandemi," ujarnya.

Hari koperasi ke-75 tahun 2022  mengusung tema “Transformasi Koperasi untuk Ekonomi Berkelanjutan” dengan tagline “Ayo Berkoperasi”. Tema merupakan pengejawantahan dari upaya koperasi bertransformasi dari citra model lama dan konvensional menjadi model baru dan profesional.

Perjalanan pembangunan koperasi diupayakan secara berkesinambungan agar koperasi dapat tumbuh sejajar dengan badan usaha lain, memiliki sensitifitas tinggi dalam pengembangan usaha, dan diminati oleh generasi muda.

"Sebagai agen pembangunan, generasi muda kita harus dibekali dengan pengalaman berusaha serta pembangunan karakter yang berbasis nilai gotong royong dan usaha bersama, yang keseluruhannya akan diperoleh melalui koperasi,” katanya.

Ngatiyana menegaskan, peran koperasi di Kota Cimahi sangat penting, bahkan dapat membantu masyarakat dalam kondisi kesulitan.

Karena itu, pihaknya menggelar kompetisi untuk mendorong koperasi tetap aktif.

"Kita kompetisikan, bagaimana koperasi operasionalnya, segera gelar Rapat Anggota Tahunan (RAT) sebagai pertanggungjawaban pengurus dan pengawas kepada anggota atas kinerjanya. Ini kita lombakan agar koperasi tetap aktif dalam melayani anggota dan memberi dampak bagi masyarakat," tuturnya.

Kepala Dinas Perdagangan Koperasi UKM dan Perindustrian (Disdagkoperin) Kota Cimahi Dadan Darmawan menambahkan, memasuki masa pemulihan ekonomi akibat pandemi Covid-19 kegiatan koperasi di Kota Cimahi sudah mulai menggeliat kembali.

"Selama pandemi memang banyak yang kegiatannya terhenti. Sekarang sudah 2 tahun mulai terlihat menggeliat lagi, mudah-mudahan semakin banyak lagi koperasi yang kembali aktif dalam melayani anggotanya," katanya.

Pihaknya berharap, dengan kegiatan ini koperasi lainnya kembali tergerak untuk aktif lagi. "Terutama dalam penguatan lembaga, keuangan, dan jenis usaha sebagai upaya meningkatkan perekonomian," tuturnya.***

Pemerintah Daerah Kota Cimahi © 2020