Perhatian! Kasus COVID-19 Masih Ada, Warga Diminta Waspada

Admin   30/06/2022 15:55 WIB

Perhatian! Kasus COVID-19 Masih Ada, Warga Diminta Waspada


CIMAHI - Data Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Cimahi menunjukan jumlah kasus terkonfirmasi positif COVID-19 di Kota Cimahi kembali meroket. Hal itu tentunya menjadi sinyal bahaya bagi watha untuk meningkatkan kewaspadaan.

Berdasarkan data kekinian, warga Kota Cimahi yang terkonfirmasi positif COVID-19 mencapai 40 orang. Sementara jumlah kasusnya yang terdata sejak tahun 2020 sudah mencapai 16.064 orang. Sebanyak 15.764 orang sudah sembuh dan 260 orang meninggal dunia.

"Memang ada penambahan dan kasunya naik turun.  Sehari sebelumnya ada penambahan, hari ini tidak ada," kata Kepala Bidang Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Menular pada Dinkes Kota Cimahi, Dwihadi Isnalini pada Kamis (30/6/2022).

Menurut Dwihadi, ada sejumlah faktor yang membuat kasus COVID-19 kembali mengganas. Di antaranya protokol kesehatan yang diterapkan masyarakat mulai kendor ditengah virusnya yang memang masih mewabah.

Terlebih lagi kini muncul Omicrom subvarian BA.4 dan BA.5. Meskipun, tegas Dwihadi, belum bisa dipastikan apakah kasus yang aktif saat ini masuk varian baru atau tidak. "Karena kita tidak melakukan tes WGS-nya. Tapi memang proses sekarang mulai kendor kelihatannya," ujarnya.


Dwihadi mengatakan, kenaikan kasus COVID-19 ditengah Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Level 1 di Kota Cimahi ini patut diwaspadai. Masyarakat diminta tidak abaikan dalam menerapkan protokol kesehatan dan Pola Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) ditengah adanya berbagai kelonggaran aktivitas.


Apalagi kini muncul subvarian Omicron BA.4 dan BA.5. Meski belum terdeteksi di Kota Cimahi, Dwihadi meminta masyarakat untuk tetap waspada. "Kita sedang periksa, sudah dikirim sampelnya (untuk mendeteksi subvarian Omicron B.4 dan B.5," sebut Dwihadi.


Selain itu, lanjut Dwihadi, bagi masyarakat yang belum mendapat suntikan vaksin COVID-19 dosis booster untuk segera mendatangi tempat-tempat vaksinasi. Di antaranya Puskesmas yang ada di Kota Cimahi.


"Kalau vaksinasi tetap berjalan. Hanya saja memang antusiasme masyarakat mulai berkurang," ucapnya. 

Pemerintah Daerah Kota Cimahi © 2020