Disdagkoperin Kota Cimahi Dorong Produk Lokal Cimahi Bisa Masuk Toko Modern

Admin   30/06/2022 14:36 WIB

Disdagkoperin Kota Cimahi Dorong Produk Lokal Cimahi Bisa Masuk Toko Modern
CIMAHI.- Dinas Perdagangan Koperasi UKM dan Perindustrian (Disdagkoperin) Kota Cimahi mendorong pelaku Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) dapat memasarkan produknya di toko modern. Hal itu dilakukan sebagai upaya membangkitkan ekonomi para pelaku UMKM di masa pandemi Covid-19 ini.
Demikian yang terungkap dalam Sosialisasi Kemitraan Antara Toko Modern dan UKM/IKM Kota Cimahi. Kegiatan digelar di tiap kecamatan dengan diikuti perwakilan pelaku UKM/IKM. Turut dihadirkan narasumber dari Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Cimahi dan pengelola minimarket.
Kepala Disdagkoperin Kota Cimahi Dadan Darmawan didampingi Kabid. Perdagangan Disdagkoperin Kota Cimahi Sri Wahyuni mengatakan, sosialisasi kemitraan Toko Modern dan UKM/IKM digelar di 3 kecamatan se-Kota Cimahi.
"Kegiatan ini adalah tentang kemitraan antara toko modern dan UMKM, bagaimana memfasilitasi mereka agar produknya bisa masuk dan dipasarkan di toko-toko modern tersebut," ujarnya.
Para pelaku UKM/IKM Kota Cimahi sangat antusias ingin memasarkan produknya di toko modern.
"Alhamdulillah mereka sangat antusias. Ada tahapan yang harus mereka siapkan untuk bisa masuk ke pasar modern," bebernya.
Berdasarkan data Disdagkoperin Kota Cimahi, sudah banyak pelaku UMKM Kota Cimahi yang menjual produknya di pasar modern. "Misalnya di salah satu toko modern ada 15- 20 produk UMKM yang sudah masuk. Memang aturannya  toko modern harus menyediakan space 10 persen untuk produk lokal," ucapnya.
Diakuinya, toko modern siap menampung produk lokal.
"Pada umumnya mereka siap bermitra dengan UKM/IKM dan siap menerima produknya sesuai dengan tahapan dan persyaratannya terpenuhi," imbuhnya.
Dengan acara ini, diharapkan para pelaku usaha dapat tergugah kembali. "Apalagi belakangan ini kegiatan sosialisasi terbatas karena pendemi Covid-19. Ini menjadi upaya bersama agar UMKM bangkit lagi ditengah pandemi," terangnya.***

Pemerintah Daerah Kota Cimahi © 2020