Pemkot Cimahi Gelar Bimtek Penyusunan Kerangka Ekonomi Makro Daerah 2022

Admin   19/04/2022 13:28 WIB

Pemkot Cimahi Gelar Bimtek Penyusunan Kerangka Ekonomi Makro Daerah 2022

CIMAHI.- Plt. Wali Kota Cimahi Ngatiyana membuka kegiatan Bimbingan Teknis Penyusunan

Kerangka Ekonomi Makro Daerah (KEMD) Kota Cimahi Tahun 2022 yang berlangsung di Aula Gedung A Kompleks Pemkot Cimahi Jalan Rd. Demang Hardjakusumah, Rabu (13/4/2022). Penyusunan KEMD diperlukan sebagai acuan kebijakan di bidang ekonomi Kota Cimahi.

Kegiatan tersebut dihadiri Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Cimahi Dikdik S. Nugrahawan, para asisten di lingkungan Pemkot Cimahi, para kepala SKPD di lingkungan Pemkot Cimahi, Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bapeda) Provinsi Jawa Barat, Badan Pusat Statistik (BPS) Cimahi, serta perwakilan dari Universitas Padjadjaran (Unpad).

Ngatiyana mengatakan, laju pertumbuhan ekonomi tahun 2021 Kota Cimahi terkoreksi.

“Kondisi pandemi Covid-19 saat ini menyebabkan target indikator makro ekonomi terkoreksi,” ujarnya.

Hal penting lain yang perlu dicermati juga adalah sektor industri pengolahan yang merupakan penyumbang Produk Domestik Regional Bruto (PDRB) terbesar bagi Kota Cimahi.  Mayoritas kontribusi tersebut, kata Ngatiyana, berasal dari industri besar yang merupakan kewenangan pemerintah provinsi dan pemerintah pusat.

"Dengan kata lain, pertumbuhan ekonomi Kota Cimahi juga tergantung kebijakan pemerintah pusat, dan pemerintah provinsi jawa barat. Sehingga diperlukan sinergitas antara pemerintah pusat, provinsi dan daerah (kabupaten/kota)," terangnya.

Disebutkan Ngatiyana, bimbingan teknis ini dilaksanakan untuk yang kedua kalinya, yang pertama pada tahun 2021, sehingga diharapkan dapat meningkatkan kompetensi ASN di bidang perencana, sekaligus menyamakan persepsi untuk mengetahui arah yang akan menjadi kebijakan, sasaran serta prioritas pembangunan dan juga penguatan sinergi kerangka ekonomi makro antara pusat dengan provinsi maupun pemerintah kota.

"Target-target ekonomi harus mampu dirumuskan secara realistis, sesuai dengan karakteristik maupun potensi yang ada di Kota Cimahi dengan didukung data-data yang lengkap, dan juga komitmen dari stakeholder terkait," tuturnya.***

Pemerintah Daerah Kota Cimahi © 2020