Diperbolehkan Mudik Lebaran Tahun ini, Ngatiyana Beri Pesan ini Kepada Warganya

Admin   01/04/2022 07:01 WIB

Diperbolehkan Mudik Lebaran Tahun ini, Ngatiyana Beri Pesan ini Kepada Warganya


CIMAHI - Pelaksana Tugas (Plt) Wali Kota Cimahi Ngatiyana memperlisahkan warganya untuk melakukan mudik lebaran tahun ini. Namun, ia mengingatkan untuk patuh terhada protokol kesehatan COVID-19.

Hal itu seiring diperbolehkannya aktivitas mudik lebaran tahun ini oleh pemerintah pusat. Apalagi, susah dua tahun warga Kota Cimahi tidak menikmati suasana lebaran di kampung halamannya masing-masing akibat pandemi COVID-19.

"Syaratnya adalah protokol  kesehatan yang harus dilaksanakan. Saya percaya warga Cimahi ini patuh, disiplin terhadap diri sendiri," imbuh Ngatiyana pada Selasa (29/3/2022).

Ngatiyana sendiri memprediksi bakal banyak warganya yang mudik tahun ini, sebab selama dua tahun pandemi COVID-19 tidak diperbolehkan mudik lebaran. "Silakan mudik dan dalam kondisi sehat. Kelihatannya banyak warga pendatang yang mudik," kata Ngatiyana.

Perihal vaksinasi COVID-19 yang dijadikan syarat mudik, Ngatiyana mengatakan pihaknya akan terus mengejar cakupannya agar masyarakat yang ingin mudik tahun ini bisa terealisasi. Hal tersebut dilakukan agar mudik lebaran tahun ini lebih aman dan kebal dari virus tersebut.

"Vaksin ke satu harus 100 persen, vaksin dua minimal 90 persen, vaksin ketiga minimal 70 persen. kita kejar terus itu, bila sudah tercapai, insya Alloh aman," sebut Ngatiyana.

Namun, dirinya mengingatkan masyarakat tetap disiplin dalam menerapkan protokol kesehatan. Hal itu menurutnya sangat penting agar sepulang dari kampung halaman usai mudik tidak membawa virus korona ke Kota Cimahi.

Kepala Dinas Perhubungan Kota Cimahi, Hendra Gunawan mengatakan, penduduk di Kota Cimahi sendiri ada dari berbagai daerah di Indonesia, sehingga besar kemungkinan banyak yang akan mudik pada lebaran nanti.

"Cimahi itu kan heterogen, ada dari mana-mana. Kemungkinan dibawah 50 persen penduduk akan mudik setelah diperbolehkan," kata Hendra.

Terkait vaksinasi COVID-19 yang disyaratkan pemerintah pusat, pihaknya akan berkoordinasi dengan pihak terkait seperti kepolisian. "Nanti kita koordinasi untuk mengantisipasi persyaratan tersebut," tandasnya. 

Pemerintah Daerah Kota Cimahi © 2020