Pemkot Cimahi Mulai Laksanakan Vaksiansi Booster

Admin   17/01/2022 11:09 WIB

Pemkot Cimahi Mulai Laksanakan Vaksiansi Booster


CIMAHI - Pemerintah Kota (Pemkot) Cimahi memulai vaksinasi Covid-19 dosis ketiga atau booster di Kota Cimahi dimulai pada Senin (17/1/2022). Vaksinasi dilaksanakan di setiap Puskesmas di Kota Cimahi.

Di antaranya terpantau di Puskesmas Cimahi Tengah, Jalan Djulaeha Karmita. Sejumlah lansia yang memang menjadi target prioritas terlihat antusias untuk mendapatkan vaksinasi Covid-19 dosis ketiga ini.

Seperti Pagi Supriadi (73), Warga kelurahan Cibabat, Kecamatan Cimahi Utara, Kota Cimahi. Ia mengaku antusias mengikuti vaksinasi ketiga kalinya sesuai anjuran dari pemerintah agar terhindar dari virus korona.

"Rasanya gak beda jauh sama kesatu sama kedua. Saya setiap bulan diambil darah, jadi lebih sakit diambil darah. Biasa-biasa saja," ujar Pagi.

Ia mengajak warga yang belum divaksin, termasuk dosis lanjutan ini untuk mendatangi tempat-tempat vaksinasi. Sebab, kata dia, program yang dibuat pemerintah ini untuk menyehatkan masyarakat.

"Jangan dinanti-nanti kan demi kesehatan kita. Jadi jangan dengerin berita-berita yang kurang baik apalagi. Silahkan aja mumpung masih ada kesempatan," tutur Pagi.

Kepala Bidang Pencegahan dan Pengendalian Penyakit (P2P) pada Dinas Kesehatan Kota Cimahi Dwihadi Isnalini mengatakan, prioritas vaksinasi booster untuk tahap awal ini sebetulnya diperuntukan bagi lansia dan masyarakat rentan.

"Cuma menghimpun lansia cukup sulit. Kita tetap utamanakn tetap lansia, tapi daripada nunggu ya bisa hadir dulu dilakukan booster karena siapapun bisa terdampak," jelas Dwihadi.

Untuk tahap awal ini, vaksinasi booster di Kota Cimahi menggunakan jenis AstraZeneca. Kemudian pihaknya juga sudah menyiapkan jenis Pfijer. "Kalau dosisnya aman. Untuk AZ (AstraZeneca) ada sekitar 20 ribu, dan Pfijer ada sekitar 10 ribu," pungkas Dwihadi. 

Pemerintah Daerah Kota Cimahi © 2020