Masyarakat Antusias Mengikuti Gebyar Vaksinasi Covid-19 Pada HKN Kota Cimahi 202

Admin   15/11/2021 09:12 WIB

Masyarakat Antusias Mengikuti Gebyar Vaksinasi Covid-19 Pada HKN Kota Cimahi 202

CIMAHI.- Peringatan Hari Kesehatan Nasional (HKN) 2021 Kota Cimahi diwarnai gebyar vaksinasi Covid-19 di kompleks Pemkot Cimahi Jalan Raden Demang Hardjakusumah Kota Cimahi, Jumat (12/11/2021). Masyarakat antusias mengikuti vaksinasi tersebut sebagai upaya meningkatkan cakupan vaksinasi Covid-19 di Kota Cimahi.

Pemkot Cimahi menyiapkan sejumlah hadiah menarik untuk masyarakat yang mengikuti vaksin Covid-19. Diantaranya kulkas, televisi, sepeda, mesin cuci dan lainnya.
Warga  berdatangan sejak pagi untuk mendapat vaksin Covid. Layanan tersebut tersedia untuk anak usia 12-17 tahun, warga usia produktif, hingga warga lansia.

Hari Kesehatan Nasional (HKN) menjadi momentum untuk merefleksikan diri dalam penanganan pandemi Covid-19 yang sudah berlangsung hampir dua tahun lamanya. Dengan kerjasama semua pihak, kondisi saat ini kasus Covid-19 mulai menurun di Kota Cimahi. 

Plt. Wali Kota Cimahi, Letkol (Purn) Ngatiyana, mengatakan bahwa Hari Kesehatan Nasional menjadi momentum untuk bersyukur karena Indonesia menjadi salah satu negara yang berhasil menurunkan lonjakan kasus Covid-19. "Hal ini salah satunya berkat genyar vaksinasi yang terus kita laksanakan. Capaian vaksinasi Kota Cimahi sudah mencapai 87,10%. Untuk itu, atas nama pemerintah Kota Cimahi, kami menghaturkan banyak terima kasih kepada semua unsur masyarakat yang turut mensukseskan program vaksinasi Covid-19 di Kota Cimahi,” ujarnya.

Meski jumlah kasus aktif sudah menurun, Ngatiyana berpesan masyarakat untuk tetap menjaga protokol kesehatan, “Situasi ini harus tetap membuat kita waspada, apalagi muncul varian baru yang tidak bisa diprediksi. Oleh karenanya, dibutuhkan kepatuhan masyarakat dalam menerapkan protokol kesehatan di setiap kegiatan serta pelaksanaan percepatan vaksinasi Covid-19," katanya. 

Ngatiyana mengajak seluruh warga Cimahi yang belum melakukan vaksinasi untuk segera mendapatkan vaksin Covid-19. “Karena vaksin ini juga untuk kepentingan pribadi, keluarga dan lainnya. Karena dengan vaksin ini sudah menjaga tubuh kita 70% dari virus-virus yang dapat menyerang tubuh kita,” ungkapnya.

Peringatan HKN Ke-57 Tingkat Kota Cimahi sekaligus menjadi hari pencanangan “Gerakan Bersama (GEBER) lawan Covid-19” sebagai upaya antisipasi lonjakan kasus baru Covid-19. Gerakan bersama ini melibatkan organisasi masyarakat, pemuda, keagamaan, forum, mitra, dunia usaha atau swasta dan komunitas masyarakat pengguna media sosial.

Sejumlah rangkaian peringatan HKN Ke-57 Tahun 2021 telah dilakukan beberapa kegiatan diantaranya pembinaan bersama antara Tim Pembina Kota Sehat, Forum Kota Sehat Dan Fakultas Ilmu Teknologi dan Kesehatan (FITKES) Universitas Jenderal Ahmad Yani ke 13 kelurahan yang belum ODF (Open Defecation Free) atau Bebas Buang Air Sembarangan (BABS) pada bulan Oktober 2021, deklarasi  ODF Kelurahan Padasuka dan Citeureup, penghargaan dari Kementerian Kesehatan kepada Fasilitas Pelayanan Kesehatan (FASYANKES) yang telah melakukan penghapusan dan penarikan alat kesehatan bermerkuri tahun 2021, hingga kampanye GERMAS berupa makan buah dan cuci tangan pakai sabun.

Pada kegiatan peringatan HKN juga dilakukan Penyerahan Piagam Penghargaan Wali Kota Cimahi kepada anggota Direktorat Reserse Narkoba Kepolisian Daerah Jawa Barat dalam keberhasilan pengungkpan tindak pidana produksi obat keras illegal di Kelurahan Pasirkaliki Cimahi Utara. Selain itu dilakukan penyerahan bantuan dari Bank Jabar Banten (BJB) yaitu sebanyak 25 unit meja dan 100 unit kursi untuk mendukung kegiatan vaksinasi, juga 200 buah baju lapangan untuk Forum Kota Sehat. Penyerahan bantuan dari BPJS Kesehatan Cimahi, satu unit kursi roda untuk Puskesmas Cipageran Cimahi.

"Semoga dengan kegiatan ini dapat menguatkan kepatuhan kita menerapkan protokol kesehatan, meningkatkan target vaksinasi covid-19, membangkitkan semangat dan optimisme seluruh komponen masyarakat untuk ikut bergotong royong dalam menyelesaikan pandemi Covid-19, dan memberikan apresiasi kepada para pihak yang telah memajukan pembangunan bidang Kesehatan,” tuturnya.*** 

Pemerintah Daerah Kota Cimahi © 2020