Pemkot Cimahi Minta Orang Tua Izinkan Anaknya untuk Divaksin COVID-19

Admin   27/10/2021 11:59 WIB

Pemkot Cimahi Minta Orang Tua Izinkan Anaknya untuk Divaksin COVID-19

CIMAHI - Pemkot Cimahi meminta para orang tua siswa agar mengizinkan anaknya untuk divaksinasi COVID-19. Sebab, pihaknya tak memperbolehkan siswa yang belum divaksin untuk mengikuti Pembelajaran Tatap Muka (PTM) di sekolah.

Berdasarkan data Dinas Pendidikan Kota Cimahi, jumlah sasaran siswa SMP mencapai sekitar 21 ribu, dan yang belum mendapat vaksin skeiyar 1.200 orang. Sementara untuk siswa SD yang berusia 12 tahun ada sekitar 1.600 siswa yang baru divaksin dari total sekitar 3.898 orang sasaran.

"Kalau yang belum vaksin COVID-19 tidak diperbolehkan ikut masuk PTM. Kalau mau PTM harus vaksin," imbuh Pelaksana Tugas (Plt) Wali Kota Cimahi Ngatiyana pada Rabu (27/10/2021).

Ngatiyana mengatakan, tak ada alasan bagi orang tua untuk tak mengizinkan anaknya. Sebab, kata dia, vaksin akan sangat bermanfaat untuk menambah kekebalan tubuh.

Dirinya mengklaim, secara keseluruhan proses PTM di Kota Cimahi yang sudah dilakukan sekitar dua bulan berjalan lancar. Kemudian yang paling disyukuri, kata dia, tidak ada kasus COVID-19 yang muncul akibat kluster PTM.

Namun apabila ditemukan kasus ke depannya, Ngatiyana tak segan untuk menghentikan aktivitas PTM di sekolah tersebut. "Mudah-mudahan jangan sampai terjadi. Apabila terjadi kepala daerah berhak untuk memberhentikan proses PTM," tegas Ngatiyana.

Untuk itu, Ngatiyana meminta kepada semua sekolah dan siswa untuk mematuhi protokol kesehatan COVID-19. Kekurangan yang tekrihat dalam dua bulan masa transisi ini, kata dia, harus diperbaiki ke depannya.

Kepala Dinas Pendidikan Kota Cimahi, Haryono memnamnahkan, untuk siswa SMP yang belum divaksin apalagi dengan alasan tidak mendapat izin orang tua tidak akan diikutsertakan mengikuti PTM sesuai arahan dari Plt Wali Kota Cimahi.

Sedangkan untuk siswa SD khususnya yang berada dibawa 12 tahun akan dikecualikan tetap mengikuti PTM mengingat belum ada kewajiban untuk menjadi sasaran vaksinasi COVID-19. Selain itu vaksiansi SD yang berusia 12 tahun ke atas belum dilakukan secara menyeluruh.

"Tapi kalau sudah mendapat jadwal, tapi belum juga divaksin maka tidak diizinkan untuk melaksanakan PTM. Khusus SMP memang kebanyakan tidak diizinkan orang tua. Kalau SD memang belum semua sekolah mendapat jadwal vaksin," terang Harjono.

Pemerintah Daerah Kota Cimahi © 2020