Peringati Hari Santri Nasional 2021, Plt Walikota Cimahi Mengajak Santri Siap Siaga Jiwa Dan Raga Bela Agama, Bangsa, dan Negara

Admin   22/10/2021 09:02 WIB

Peringati Hari Santri Nasional 2021, Plt Walikota Cimahi Mengajak Santri Siap Siaga Jiwa Dan Raga Bela Agama, Bangsa, dan Negara

CIMAHI.- Pemerintah Kota Cimahi menggelar Peringatan Hari Santri Nasional tahun 2021 di pelataran Kompleks Pemkot Cimahi Jalan Raden Demang Hardjakusumah Kota Cimahi, Jumat (22/10/2021). Melalui peringatan tersebut, diharapkan para santri mewujudkan komitmen siap siaga menyerahkan jiwa dan raga guna membela tanah air, mempertahankan persatuan Indonesia, dan mewujudkan perdamaian dunia.
Pemerintah Kota Cimahi bersama pesantren, para santri, tokoh agama menghadiri upacara secara bersama-sama. Kegiatan digelar sederhana karena masih dalam suasana pandemi Covid-19.
"Kota Cimahi saat ini sudah termasuk daerah level 2 sehingga sudah bisa menggelar kegiatan apel peringatan Hari Santri meski jumlah peserta terbatas, namun tidak mengurangi makna dan kekhidmatannya," ujar Plt. Walikota Cimahi Ngatiyana.
Tema peringatan tahun ini yaitu "Santri Siaga Jiwa Dan Raga". "Melalui tema ini, diharapkan santri siaga jiwa raga untuk dibakgikan kepada agama, bangsa dan negara. Membentengi dan menjaga NKRI, Pancasila sebagai dasar negara, serta Bhineka Tunggal Ika dan UUD 1945," jelasnya.

Ngatiyana mengatakan, hari santri menjadi tonggak bersejarah bagi para santri sehingga sudah seharusnya peringatan hari santri menjadi pemacu dan pemicu santri untuk belajar lebih lebih keras dan sungguh-sungguh.
"Prestasi yang dicapai tidak dilihat dari segi fisik saja, tetapi juga akhlak seperti paham dalam membaca Al Qur'an, pintar ilmu agama disamping ilmu pengetahuan umum lainnya.  Apalagi dewasa ini, para santri belajar ditengah kemajuan dunia digital, yang bisa dimanfaat secara positif, tetapi bila disalahgunakan bisa menimbulkan hal-hal yang negatif," paparnya.
Oleh karenanya Ngatiyana, meminta kepada para santri untuk menggunakan peralatan teknologi informasi secara bijak,  seperti menggunakannya untuk media dakwah dan sarana menyebarkan kebaikan dan kemaslahatan umat. 
Diakhir sambutannya, Ngatiyana mengajak seluruh elemen masyarakat di kota Cimahi, untuk menyatukan tekad  dan langkah dalam menghadapi Pandemi Covid-19 agar segera berakhir sehingga kehidupan masyarakat dapat kembali normal.***

Pemerintah Daerah Kota Cimahi © 2020