Pemkot Cimahi Terapkan Berbagai Kebijakan Untuk Mengatasi Kendala PJJ

Admin   19/02/2021 13:35 WIB

Pemkot Cimahi Terapkan Berbagai Kebijakan Untuk Mengatasi Kendala PJJ
CIMAHI.-Pemerintah Kota Cimahi masih belum memberlakukan Pembelajaran Tatap Muka (PTM) mengingat kondisi pandemi covid-19. Dilakukan berbagai upaya untuk mengatasi kendala agar pembelajaran bisa tetap berlangsung secara optimal.
Demikian diungkapkan Plt. Walikota Cimahi Ngatiyana. "Proses PTM belum diterapkan sehingga Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ) masih diteruskan," ujarnya.
Pemkot Cimahi melalui Dinas Pendidikan (Disdik) Kota Cimahi akan membuat tayangan pendidikan bekerjasama dengan stasiun tv lokal. Direncanakan, tayangan pendidikan tersebut terutama untuk siswa tingkat SMP karena siswa PAUD-TK-SD sudah terdapat tayangan pendidikan di TVRI.
"Produk tayangan pendidikan di televisi ini untuk memperkaya pembelajaran para siswa di rumah. Jika siswa tidak memiliki TV, jajaran RW agar menyiapkan TV di kantor RW untuk bisa dipakai belajar para siswa sesuai jam belajar," katanya.
Selain itu, banyak siswa SD terkendala baca tulis akibat PJJ selama pandemi covid-19. "Kita akan menurunkan guru yang baru diangkat dalam CPNS 2019 untuk membantu terjun ke masyarakat memberi pelajaran ke anak-anak yang belum baca tulis," jelasnya.
Untuk lembaga pendidikan yang membutuhkan pelaksanaan praktek seperti SMK, lanjut Ngatiyana, akan dikoordinasikan dengan Disdik Jabar. "Untuk kegiatan praktek dikoordinasikan lebih lanjut karena seperti SMK perlu ilmu lapangan," ucapnya.
Ngatiyana mengklaim, berbagai kebijakan ini diterapkan agar para siswa tidak ketinggalan dalam belajar selama pandemi. "Terobosan ini kita lakukan agar proses belajar mengajar bisa tetap berlangsung optimal," imbuhnya.***

Pemerintah Daerah Kota Cimahi © 2020