Vaksinasi Hewan Digelar, Warga Antusias

Admin   19/02/2021 13:21 WIB

Vaksinasi Hewan Digelar, Warga Antusias

CIMAHI.-Tahapan vaksinasi untuk hewan mulai digelar Dinas Pangan dan Pertanian (Dispantang) Kota Cimahi. Masyarakat antusias dalam membawa hewan peliharaannya untuk mendapat vaksin yang disediakan secara gratis tersebut

Warga Kompleks Pondok Mutiara RW 23 Kelurahan Cibabat Sri Martini (48) mengatakan, dirinya rutin membawa kucing peliharaannya untuk ikut vaksinasi rabies. "Di RW ini sudah diumumkan, jadi begitu tahu ada kegiatannya langsung bawa kucing untuk divaksin," ujarnya.
Dia memiliki 10 ekor kucing peliharaan, tapi tidak semua divaksin. "Sebetulnya rutin vaksin kucing, tapi untuk sekarang sebagian kucing lainnya masih belum cukup umur untuk divaksin. Ada juga yang sedang sakit," katanya.
Kepala Bidang (Kabid) Pertanian Dispangtan Kota Cimahi Mita Mustikasari mengatakan, Dispangtan Kota Cimahi secara rutin melakukan vaksinasi terhadap hewan peliharaan milik masyarakat.
"Kita siapkan untuk vaksin flu burung sebanyak 600 dosis, dan 800 dosis untuk rabies. Kita mulai laksanakan minggu ini di Kelurahan Cibabat," katanya.
Pelaksanaan vaksin rabies dan flu burung dilaksanakan  tersebar di 15 kelurahan yang ada di Kota Cimahi. Sasaran vaksin rabies dan flu burung diantaranya anjing, kucing, musang, monyet, ayam, bebek, entog, dan angsa. 

Pelaksanaan vaksinasi dilakukan di masing-masing kelurahan yang dipusatkan di satu lokasi. Pihaknya menyebarkan surat edaran ke kelurahan untuk konfirmasi penjadwalan pelaksanaan vaksinasi.
"Tiap diadakan vaksinasi, animo masyarakat untuk memvaksin hewan peliharaan cukup tinggi. Kita tidak batasi selama vaksin tersedia," tuturnya.
Di tengah pandemi Covid-19, pelaksanaan vaksinasi digelar dengan menerapkan protokol kesehatan secara ketat guna menghindari penyebaran Covid-19.
"Selama kegiatan vaksinasi berjalan kita tetap menerapkan protokol kesehatan secara ketat. Kita lakukan penjadwalan pelayanan untuk menghindari kerumunan," tandasnya.***

Pemerintah Daerah Kota Cimahi © 2020