DLH Kota Cimahi Gelar Pemeliharaan Pohon Secara Berkala

Admin   11/01/2021 14:55 WIB

DLH Kota Cimahi Gelar Pemeliharaan Pohon Secara Berkala
CIMAHI.-Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kota Cimahi secara berkala melakukan pemeliharaan dan pengawasan terhadap pohon yang menjadi tanggung jawab Pemerintah Kota (Pemkot) Cimahi.  Hal itu dilakukan untuk mengantisipasi terjadinya pohon tumbang.
Plt Kepala DLH Kota Cimahi, Guntur Priyambada mengatakan, pihaknya menyiapkan petugas khusus untuk pemeliharaan pohon yang tersebar di Kota Cimahi.
"Mereka melakukan pengawasan secara berkala terhadap pohon-pohon yang menjadi tanggungjawab kami. Jika ada yang membahayakan dilakukan pemotongan," ujarnya.
Sebelum dilakukan pemetaan dulu, petugas turun ke lapangan untuk mengecek. "Kita juga ada konsultan, yang akan melakukan assesement terhadap pohon yang menjadi tanggungjawab Pemkot Cimahi," katanya.
Pada tahun lalu, DLH Kota Cimahi menerapkan program asuransi pohon. "Kalau tahun lalu, pohonnya diasuransikan, tapi pohon yang menjadi kewenangan kami. Jadi manakala ada yang terkena dampak, akan mendapat klaim asuransi.   Untuk tahun ini kami belum melakukan kontrak lagi dengan pihak asuransi," bebernya.
Terkait reboisasi, Guntur mengaku program itu rutin dilakukan setiap tahun. Namun untuk tahun 2020 kemarin tidak dilakukan karena ada wabah Covid-19.
"Setiap tahun ada reboisasi, hanya tahun kemarin ngga ada karena anggarannya di refokusing untuk penanganan Covid-19," ujarnya.
Agar penanam pohon tetap berjalan, pihaknya menggandeng penggiat lingkungan atau komunitas. "Untuk bibitnya kami sediakan, mereka yang menanam," ucap Guntur.*

Pemerintah Daerah Kota Cimahi © 2020