Pemkot Cimahi Terapkan PPKM Dengan Pengawasan Kewilayahan

Admin   11/01/2021 14:54 WIB

Pemkot Cimahi Terapkan PPKM Dengan Pengawasan Kewilayahan
CIMAHI.-Sejumlah tenaga kesehatan (nakes) Kota Cimahi telah mendapat pemberitahuan melalui layanan pesan singkat (short message service/SMS) pemberitahuan sebagai calon penerima vaksin covid-19. Kuota Kota Cimahi sebanyak 3.058 dosis pada tahap awal terutama diprioritaskan bagi nakes yang terlibat dalam penanganan kasus covid-19 di Kota Cimahi.
Seperti diungkapkan perawat IGD RSUD Cibabat Ratih Fatma Affandi, Minggu (10/1/2021). “Saya sudah menerima SMS bahwa saya sudah terdaftar sebagai calon penerima vaksin, ya siap untuk menjalani vaksin dan mendukung program pemerintah dengan vaksinasi ini,” ujarnya.
Ratih mengatakan, dirinya sempat mengisi daftar terkait vaksin covid-19 bagi para nakes. “Awalnya isi link dan biodata, ditanyakan riwayat penyakit termasuk pernah terjangkit virus covid atau tidak. Alhamdulillah belum pernah terpapar virus covid dan semoga seterusnya tidak, setelah mengisi link itu tidak berapa lama dapat SMS,” katanya.
Menurut Ratih, dirinya sebagai nakes di RSUD Cibabat sebagai RS rujukan penanganan covid-19 merasakan lonjakan pasien covid-19 setiap harinya. Hal itu cukup menimbulkan kekhawatiran terpapar corona karena tugasnya sangat resiko. Apalagi, sejumlah nakes di Kota Cimahi juga terpapar covid-19.
“Saya sebagai nakes di IGD RSUD Cibabat tentu sangat merasakan lonjakan kasus covid. Pasien covid yang datang semakin banyak sehingga resiko kita terpapar sangat tinggi. Mudah-mudahan dengan vaksin ini bisa memutus penularan virus,” ungkapnya.
Ratih menilai, para nakes terutama yang menangani langsung kasus covid-19 membutuhkan vaksin agar mendapatkan kekebalan tubuh mencegah penularan covid-19. “Bisa mendapat kekebalan dari virus yang telah dilemahkan itu dan dimasukkan ke dalam tubuh sehingga muncul antibodi melawan corona. Untuk waktu pelaksanaannya belum dalam informasi tapi mudah-mudahan secepatnya karena kita berhadapan dengan virus covid setiap saat,” tuturnya.
Plt. Walikota Cimahi Ngatiyana mengatakan pihaknya masih menunggu distribusi vaksin covid-19 dari Pemprov. Jabar. “Masih kita tunggu, tempat penyimpanan kita siapkan di suatu tempat kalau sudah didistribusikan oleh Prov. Jabar. Pelaksanaan sudah siap, petugas vaksinator siap, nakes juga siap divaksin. Terutama agar mereka bisa mengurangi resiko terpapar covid-19,” katanya.*

Pemerintah Daerah Kota Cimahi © 2020