Bantuan Rutilahu Bantu Perbaiki Rumah Warga Agar Layak Huni

Admin   26/10/2020 07:53 WIB

Bantuan Rutilahu Bantu Perbaiki Rumah Warga Agar Layak Huni
CIMAHI.-Pemerintah Kota Cimahi menyalurkan bantuan perbaikan rumah tidak layak huni (rutilahu) Kota Cimahi di tahun 2020. Ditengah kondisi pandemi covid-19, pelaksanaan perbaikan rutilahu tetap dilaksanakan.
Hal itu mengemuka pada kegiatan Sosialisasi Perbaikan Rutilahu Kota Cimahi tahun 2020 di Cimahi Techno Park Jalan Baros Kota Cimahi, Selasa (20/10/2020). Total penerima bantuan rutilahu mencapai 967 unit dengan sumber pendanaan dari pemerintah pusat, Pemprov Jabar, maupun APBD Kota Cimahi.
Wali Kota Cimahi Ajay M. Priatna mengatakan, penerima bantuan sudah melalui tahapan verifikasi. "Tetap ada syarat sesuai aturan. Yang pasti saya tekankan ke dinas terkait harus tepat guna tepat sasaran. Karena memang di lapangan, masih banyak rumah warga yang dibenahi. Semoga saja tahun depan bantuan dari pemerintah pusat dan provinsi bisa bertambah untuk membantu anggaran daerah dalam mengentaskan rutilahu," tuturnya.
Kepala Dinas Perumahan dan Kawasan Pemukiman (DPKP) Kota Cimahi, Muhammad Nur Kuswandana menambahkan, pihaknya memiliki tim verifikasi untuk memverifikasi kebenaran data penerima rutilahu yang masuk.
"Terutama yang memenuhi syarat, mulai dari kepemilikannya, belum pernah mendapat bantuan, warga kurang mampu, dan kondisi rumahnya juga sudah rusak secara struktur bangunan sehingga butuh segera diperbaiki," terangnya.
Diperkirakan jumlah rutilahu yang menunggu perbaikan di Kota Cimahi sebanyak masih banyak. "Kebanyakan tidak memenuhi syarat kepemilikan seperti bukan tanah sendiri, dipakai usaha misal dikontrakkan," katanya.
Nominal bantuan rutilahu dari APBD Kota Cimahi sebesar Rp 15 juta/per unit dipotong pajak, untuk material Rp 10 juta dan sisanya upah. Sedangkan bantuan dari pusat dan provinsi Rp 17,5 juta dengan skema peruntukan beragam terkait material dan nilai upah. "Bantuan ini sebagai stimulan, mudah-mudahan masyarakat sekitarnya atau keluarganya bisa membantu menyelesaikan bangunan agar menjadi lebih layak huni. Jangan sampai ada rumah sampai roboh tidak terperhatikan oleh masyarakat sekitar," pungkasnya.***

Pemerintah Daerah Kota Cimahi © 2020