Pedagang Diajak Terapkan AKB di Pasar Tradisional

Admin   26/10/2020 07:52 WIB

Pedagang Diajak Terapkan AKB di Pasar Tradisional
CIMAHI.-Pemerintah Kota Cimahi menggelar sosialisasi Adaptasi Kebiasaan Baru (AKB) di pasar tradisional. Hal itu mutlak diperlukan diterapkan menjamin keamanan dari paparan virus corona dan mendukung kegiatan perekonomian bisa tetap berlangsung.
Hal itu diungkapkan Wali Kota Cimahi Ajay M. Priatna dalam Sosialisasi Adaptasi Kebiasaan Baru (AKB) bagi Pedagang Pasar di Cimahi Techno Park Jalan Baros Kota Cimahi, Senin (19/10/2020). Kegiatan tersebut diikuti 120 pedagang dan perwakilan pengelola pasar se-Kota Cimahi.
"Salah satu tempat terindikasi rentan penyebaran virus covid terutama pasar karena jadi pusat kerumunan, tempat orang datang darimana saja. Perlu disosialisasikan dengan baik bagaimana menjaga tempatnya masing-masing dengan AKB," ujarnya.
Dia mengatakan, kondisi di lapangan masyarakat mulai sadar dalam menggunakan masker, termasuk cuci tangan pakai sabun dan penggunaan hand sanitizer. "Yang agak sulit menjaga jarak, karena itu harus didukung dengan meningkatkan imunitas tubuh melalui aktifitas hidup bersih dan sehat," katanya.
Walikota mengklaim, di pasar yang dikelola pemkot sudah sesuai standar protokol kesehatannya. "Untuk pengelola pasar swasta harus diingatkan terus," tuturnya.
Menurut Walikota, pedagang harus memastikan dirinya tidak terpapar covid-19 untuk menjaga keluarga. Pengunjung juga harus mawas diri dari penularan virus tersebut.
"Pedagang bangun subuh jualan sampai malam bela-belain buat keluarga. Jangan sampai kelalaian di pasar keluarga jadi terpapar," imbuhnya.
Kepala Dinas Perdagangan Koperasi UKM dan Perindustrian (DisdagKoperin), Dadan Darmawan menambahkan, dalam kegiatan Sosialisasi AKB ini diikuti sebanyak 120 orang yang merupakan perwakilan pedagang dan pengelola pasar tradisonal.
"Kita ingatkan kalau pandemi masih ada, dan kita belum tahu kedepannya meningkat atau turun. Antisipasi kita dengan pola kebiasaan baru yang disampaikan pak wali," katanya.***

Pemerintah Daerah Kota Cimahi © 2020