Baznas Kota Cimahi Salurkan Bantuan Untuk Warga Terdampak Ekonomi Akibat Pandemi Covid-19

Admin   26/10/2020 07:48 WIB

Baznas Kota Cimahi Salurkan Bantuan Untuk Warga Terdampak Ekonomi Akibat Pandemi Covid-19
CIMAHI.-Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS) Kota Cimahi menyalurkan santunan kepada 150 orang fakir miskin di tiap wilayah kelurahan se-Kota Cimahi. Santunan yang bersumber dari Zakat, Infak, Sedekah (ZIS) para PNS Pemerintah Kota Cimahi tersebut diharapkan dapat mengurangi beban perekonomian masyarakat yang terdampak ekonomi akibat pandemi corona virus disease (covid-19).
Bantuan diberikan sebesar Rp 150.000/orang, penyaluran digelar menerapkan protokol kesehatan dan mencegah kerumunan.
Ketua Baznaz Kota Cimahi KH Asep Hilman Mubarok mengatakan, penyaluran bantuan bersumber dari zakat ASN yang dikelola. "Yang menerima bantuan fukara dan masakin atau fakir miskin, kuotanya 150 orang/kelurahan. Nanti kita keliling kelurahan hingga semua tersalurkan," ujarnya.
Kegiatan penyaluran bantuan untuk fakir miskin dilakukan selama 3 bulan. "Satu putaran kelurahan mencapai anggaran sekitar Rp 300 juta, 3 kali putaran hampir Rp 1 miliar. Kita lakukan pendataan penerima agar tiap bulannya berbeda sehingga semakin banyak warga yang tersentuh santunan," katanya.
Selain santunan dalam bentuk uang, Baznas Kota Cimahi juga membantu masyarakat lewat beasiswa dana pendidikan, hingga bantuan kursi roda untuk masyarakat. "Dalam kondisi pandemi ini, masyarakat banyak kehilangan penghasilan. Sehingga santunan diharapkan dapat meringankan beban mereka," jelasnya.
Wali Kota Cimahi Ajay M. Priatna menyatakan apresiasi atas kegiatan pemberian santunan tersebut. "Hal ini sebagai bentuk kepekaan, serta kepedulian sosial kepada kelompok masyarakat  yang kurang mampu, terutama ditengah cobaan pandemi covid 19 yang melemahkan kehidupan ekonomi sebagian masyarakat," ujarnya.
Selain itu, pemberian bantuan ini merupakan sikap empati yang dapat mendorong terwujudnya keshalehan sosial dalam kehidupan masyarakat Kota Cimahi.
"Terima kasih kepada seluruh jajaran pengurus Baznas Kota Cimahi serta para PNS Pemerintah Kota Cimahi karena telah turut serta membantu salah satu program peduli terhadap sesama warga masyarakat Kota Cimahi. Harapannya Baznas bisa lebih menjalankan program bisa membantu masyarakat yang berhak dalam menjalan amanah yang dititipkan oleh Allah SWT," tuturnya.***


Pemerintah Daerah Kota Cimahi © 2020