Upaya Pemulihan Ekonomi, Pemerintah Kota Cimahi Gelar Pelatihan Bagi UMKM

Admin   12/10/2020 08:03 WIB

Upaya Pemulihan Ekonomi, Pemerintah Kota Cimahi Gelar Pelatihan Bagi UMKM
CIMAHI.–Dinas Perdagangan Koperasi UKM dan Perindustrian (DisdagKoperind) Kota Cimahi menggelar Pelatihan bagi pelaku usaha Industri Kecil Menengah (IKM) Kota Cimahi. Kegiatan tersebut diharapkan dapat membantu meningkatkan perekonomian masyarakat.
Kegiatan diikuti 125 peserta berlangsung di Cimahi Techno Park. Kegiatan yang digelar diantaranya pembuatan masker, hand sanitizer, dan face shield.
Wali Kota Cimahi Ajay M. Priatna dalam sambutannya mengatakan pandemi Covid-19 memberikan dampak yang sangat besar tidak hanya bagi kesehatan masyarakat namun juga bagi perekonomian baik secara mikro/rumah tangga maupun secara makro regional dan nasional. 
“Hal ini memberikan pukulan yang cukup berat bagi sector Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) di Kota Cimahi. belanja pemerintah menjadi stimulus yang sangat penting dalam mendorong/menjaga stabilitas ekonomi di tengah krisis di sektor dunia usaha,” ujarnya.
Dalam rangka penanganan terhadap dampak perekonomian, pemerintah pusat menerbitkan Peraturan Pemerintah Nomor 23 tahun 2020 tentang Pelaksanaan Program Pemulihan Ekonomi Nasional dalam rangka mendukung kebijakan keuangan negara untuk penanganan Pandemik Covid-19 dan/atau menghadapi ancaman yang membahayakan perekonomian nasional dan/atau stabilitas sistem keuangan serta penyelamatan ekonomi nasional. Untuk program pemulihan ekonomi di daerah, pemerintah menggulirkan dana transfer berupa Dana Insentif Daerah (DID) tambahan yang penggunaannya diatur melalui Peraturan Menteri Keuangan Republik Indonesia Nomor 87 tahun 2020 tentang Pengelolaan Dana Insentif Daerah tambahan tahun Anggaran 2020. 
 “Diharapkan dengan adanya DID tambahan ini, daerah mampu memulihkan perekonomiannya melalui intervensi program/kegiatan yang dampaknya langsung dirasakan oleh masyarakat,” katanya.
Intervensi bisa dilakukan melalui pelatihan dan pengembangan kelompok usaha baik dengan pendampingan, maupun kegiatan lainnya.
Wali Kota berharap melalui pelatihan ini dapat meningkatkan motivasi dan inovasi para pelaku usaha di Kota Cimahi dan berdampak secara signifikan dalam pemulihan ekonomi Kota Cimahi.
"Kami berharap dengan kondisi saat ini para pelaku usaha bisa mampu membaca peluang, mengubah tantangan menjadi peluang. Mari bersama-sama laksanakan upaya mengatasi dampak ekonomi, namun harus tetap patuhi protokol untuk pencegahan penyebaran covid-19, kita berharap wabah covid-19 segera berlalu dan ekonomi kembali tumbuh,” pungkasnya.***

Pemerintah Daerah Kota Cimahi © 2020