Warga Tetap Disiplin Pakai Masker Karena Cimahi Belum Aman dari Covid-19

Admin   08/10/2020 15:57 WIB

Warga Tetap Disiplin Pakai Masker Karena Cimahi Belum Aman dari Covid-19

CIMAHI - Masyarakat diminta disiplin menerapkan protokol kesehatan Corona Virus Disease (Covid-19). Sebab, jumlah yang positif terpapar virus tersebut di Kota Cimahi terus bertambah.

Dalam dua hari terakhir, tercatat 30 penambahan kasus positif Covid-19 atau virus korona, sehingga tercatat hingga saat ini jumlah warga Kota Cimahi yang positif terpapar virus tersebut mencapai 418 orang, dengan positif aktif tersisa 119 orang.

Kabar baiknya, ada 10 orang yang sembuh sehingga total yang sudah negatif Covid-19 mencapai 286 orang. Tidak ada lagi kasus yang meninggal, sehingga sampai saat ini warga Kota Cimahi yang gugur karena virus tersebut masih 13 orang.

"Penambahannya ada yang hasil tracing ada yang baru juga," kata Sekretaris Dinas Kesehatan Kota Cimahi, Chanifah Listyarini, Rabu (7/10/2020).

Dengan semakin liarnya Covid-19, cara yang paling mutlak harus dilakukan adalah disiplin menerapkan protokol kesehata. Khususnya menggunakan masker. Kemudian rajin mencuci tangan, menjaga jarak ditambah mengkonsumsi makanan yang bergizi.

Menurut Rini, sapaan Chanifah Listyarini, pembatasan terhadap aktivitas masyarakat sangat tidak memungkinkan. Terutama kegiatan perekonomian.
"Paling efektif vaksin kita masker. Minimal bisa mencegah kemudian istirahat yang cukup makan bergizi," imbuh Rini.

Saat ini, Pemerintah Kota Cimahi terus melakukan intervensi di setiap kelurahan. Untuk itu pola yang akan diterapkan dalam mengendalikan Covid-19 ini adalah dengan mini lockdown atau Pembatasan Sosial Berskala  Mikro (PSBM).

Seperti yang sudah diterapkan kepada kluster keluarga yang terpapar positif Covid-19. "Iya kita mini lockdown. Tapi dilihat dulu memungkinkan untuk isolasi mandiri atau tidak. Kalau serumah, kita isolasi serumah aja atau mini lockdown. Tapi kalau ada gejala pasti kita akan rujuk mereka," papar Rini.

Pemerintah Daerah Kota Cimahi © 2020