Hari Perhubungan Nasional, Dishub Kota Cimahi Gelar Aksi Disiplin Protokol Kesehatan dan Sosialisasi Ketertiban Lalu Lintas

Admin   23/09/2020 09:26 WIB

Hari Perhubungan Nasional, Dishub Kota Cimahi Gelar Aksi Disiplin Protokol Kesehatan dan Sosialisasi Ketertiban Lalu Lintas
CIMAHI.-Dinas Perhubungan Kota Cimahi menggelar aksi disiplin protokol kesehatan pada peringatan Hari Perhubungan Nasional (Harhubnas) 2020 di sejumlah lokasi di Kota Cimahi, Kamis (17/9/2020). Hal itu diharapkan dapat mendorong partisipasi masyarakat ditengah upaya pencegahan penularan virus corona dan meningkatkan kedisiplinan tata tertib lalu lintas.
Kegiatan yang digelar diantaranya penyemprotan disinfektan di UPT Pengujian Kendaraan Bermotor (PKB) Dishub Kota Cimahi Jalan HMS. Mintaredja dan Terminal Pasar Antri Baru Jalan Sriwijaya, serta pembersihan rambu lalu lintas di sejumlah lokasi. Petugas Dishub Kota Cimahi turut membagikan masker kepada awak pengendara kendaraan umum hingga masyarakat di sekitar terminal.
Kepala Dishub Kota Cimahi Taufik Yanuar mengatakan, ditengah pandemi covid-19 pelaksanaan peringatan Harhubnas 2020 digelar secara sederhana. Tema Hari Perhubungan Nasional Tahun 2020 'Wujudkan Asa, Majukan Indonesia' menjadi cerminan seluruh elemen perhubungan bersama seluruh stakeholder untuk secara nyata membangun sinergi dan kolaborasi bagi masyarakat Indonesia akan transportasi yang berkeselamatan, aman dan sehat.
"Tadi kami mengikuti upacara peringatan via zoom bersama Dishub Jabar. Digelar sederhana karena dalam kondisi pandemi covid-19," ujarnya.
Setelah itu, pihaknya turun ke lapangan dan melakukan sejumlah kegiatan. "Kami lakukan gerakan disiplin protokol kesehatan di lokasi UPT PKB dan Terminal Pasar Antri Baru sambil sosialisasi disiplin berlalu lintas," katanya.
Menurut Yanuar, selama pandemi berlangsung protokol kesehatan diterapkan di lokasi pelayanan. Petugas wajib menerapkan protokol kesehatan seperti pakai masker, rajin cuci tangan, jaga jarak, serta menjaga imunitas dengan olahraga dan pola makan sehat.
"Di lokasi pelayanan UPT PKB, setiap kendaraan yang hendak uji KIR disemprot disinfektan dulu. Juga diperiksa suhu tubuh pengemudi dan disediakan hand sanitizer-tempat cuci tangan pakai sabun. Untuk petugasnya alat pelindung diri wajib dipakai," ucapnya.
Meski demikian, dia mengakui sebagian pengemudi kendaraan umum masih ada yang belum diaipljn menggunakan masker. "Sebagian besar sudah mengikuti protokol kesehatan, tapi ada yang masih bandel tidak pakai masker. Seperti tadi, begitu ditemukan tidak pakai masker langsung kami beri sambil edukasi dan himbauan," katanya.
Yanuar menyatakan, bidang transportasi umum termasuk terdampak pandemi covid-19.
Meski demikian, Dishub Kota Cimahi menyatakan pelayanan perhubungan terus dilaksanakan secara optimal. "Bidang perhubungan intinya pelayanan dan kelancaran lalu lintas. Targetnya tahun ini rasio kendaraan di jalan lebih lancar, dengan keterbasan jalan dibanding pertumbuhan kendaraan diupayakan tetap berimbang. Masyarakat juga lebih patuh dan tertib berlalu lintas demi keselamatan bersama. Terutama, jaga diri sendiri dan orang lain dengan protokol kesehatan," tandasnya.***

Pemerintah Daerah Kota Cimahi © 2020