SWAB TEST PASAR PORAL LEUWIGAJAH

Admin   17/06/2020 13:50 WIB

SWAB TEST PASAR PORAL LEUWIGAJAH

Cimahi – Ketua Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kota Cimahi, Ajay Muhammad Priatna meninjau langsung pelaksanaan Swab Test di Pasar Poral (For All) Leuwigajah Cimahi, Swab Test ini menargetkan 200 orang pedaang dan pembeli yang melakukan transaksisi di Pasar Poral, Rabu (17/06/2020).

Agar masyarakat tidak merasa takut utuk melakukan swab test, pada kesempatan tersebut Ajay pun ikut melakukan swab test, Ajay mengatakan bahwa dia menginginkan Cimahi bebas Covid 19, dia berharap para pedagang dan pembeli dapat melaksanakan swab test tersebut.

Ajay pun memberikan edukasi kepada  pedangang dan pembeli Pasar Poral untuk selalu menggunakan masker, mencuci tangan pakai sabun serta menjaga jarak ketika berbelanja dan menjauhi kermunan, beliau pun mmbaikan masker kain pagi pedagang dan pembeli yang tidak menggunakan masker,

Kita terus lakukan rapid dan swab test di pusat-pusat keramaian terutama pasar tradisional, tidak menutup kemungkinan karena pasar merupakan tempat yang beresiko tinggi dalam penyebaran Covid 19 ini. Ajay pun mengatakan apabila dari pedagang atau pembeli yang melaksanakan hasil swab test tersebut terdapat yang positif maka langsung dilakukan penutupan pasar tersebut dan ditutup untuk 14 hari dan dilakukan sterilisasi.

"Ada temuan reaktif hasil rapid tes di Pasar Recok langsung ditindaklanjuti dengan swab test di lokasi. Kita sedang tunggu hasil swab testnya” ujarnya.

Sedangkan Sekretaris Dinkes Kota Cimahi Chanifah Listyarini mengatakan, swab test dilakukan menggunakan metode Polymerase Chain Reaction (PCR) untuk mengetahui peta penularan Covid-19 di Kota Cimahi,

Adaptasi kebiasaan baru (AKB) yang bersamaan dengan pembatasan sosial berskala besar (PSBB) parsial di Kota Cimahi, Dinas Kesehatan Kota Cimahi akan mengikuti arahan WHO dengan mengetes 1/1.000 penduduk setiap pekannya.

Artinya, jika penduduk Kota Cimahi ada sekitar 600.000 jiwa, akan ada sekitar 600 jiwa setiap pekannya yang akan dilakukan swab test. Angka itu diharapkan akan tercapai dengan keberadaan Laboratorium Poltekkes yang rencananya mulai beroperasi pekan depan. Sehari 100 ini yang harus lakukan terus secara masif

“Kami juga akan fokus melakukan penapisan di titik kerumunan dengan melaksanakan swab test  untuk memutus penularan Covid-19” Jelas Rini

Rini pun menambahkan “sampai hari ini yang terkonfirmasi sebanyak 88, angka kesembuhan akibat virus tersebut terus bertambah. Jumlahnya mencapai 48 orang atau 54,55% dari total yang positif, Angka kesembuhan akibat virus itu semakin meninggalkan kasus yang masih positif aktif. Jumlahnya berkurang menjadi 37 orang atau 42,05%. Sedangkan kasus kematian masih tertahan pada angka 3 orang atau 3,41%.Kondisi ini tentunya menjadi kabar baik dan membuka harapan bila Covid 19 di Kota Cimahi bisa dikendalikan. Apalagi dalam beberapa hari terakhir ini tidak ada penambahan kasus positif Covid-19’ (BIDANG IKPS DISKOMINFOARPUS).

Pemerintah Daerah Kota Cimahi © 2020