Petugas Kebersihan Jalani Tes Swab Deteksi Covid-19

Admin   31/05/2020 06:01 WIB

Petugas Kebersihan Jalani Tes Swab Deteksi Covid-19
CIMAHI.-Pemerintah Kota Cimahi melakukan swab tes terhadap 120 petugas kebersihan di Lapangan Rajawali Jalan Gatot Subroto Kota Cimahi, Jumat (29/5/2020). Hal itu dilakukan sebagai uoaya preventif karena petugas beresiko terpapar virus tersebut.
Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kota Cimahi M. Ronny mengatakan, mereka yang menjalani swab tes terdiri dari petugas kebersihan penyapu, petugas kompos, patroli, supir, kernet. "Jumlahnya 120 orang, sebagian dari seluruh petugas sebagai sample," ujarnya.
Menurut Ronny, sejauh ini tidak ada indikasi para petugas kebersihan terpapar covid-19. "Tidak ada laporan dari Kepala UPTD Pelayanan Persampahan adanya petugas yang terindikasi gejala covid19. Pemeriksaan ini lebih ke upaya preventif," katanya.
Kondisi pandemi covid-19, diakui
turut mengancam kesehatan para petugas kebersihan. "Kemungkinan terpapar bisa saja terjadi karena mereka bertugas di lapangan," katanya.
Data DLH Kota Cimahi, timbulan sampah tahun 2019 mencapai 270,399 ton per hari.
"Saat ini selama pandemi covid berlangsung, volume sampah tidak ada perubahan timbulan, per hari masih tetap kisaran 50 - 55 ritasi," ucapnya.
Pihaknya mewajibkan kepada semua petugas untuk mengikuti protokol kesehatan dalam bekerja. "Selalu kami himbau pakai APD, seperti menggunakan masker, sarung tangan. Cuci tangan pakai sabun kalau sudah selesai bekerja," ungkapnya.**

Pemerintah Daerah Kota Cimahi © 2020