Pemkot Cimahi Bekerjasama Dengan FK UNPAD Membuat Kurva Epidemiologi Kasus Covid-19

Admin   31/05/2020 05:56 WIB

Pemkot Cimahi Bekerjasama Dengan FK UNPAD Membuat Kurva Epidemiologi Kasus Covid-19
CIMAHI.-Pemerintah Kota Cimahi bekerjasama dengan Fedri Ruluwedrata Rinawan dr., M.Sc. PH., PhD., dan tim dari FK Universitas Padjadjaran (Unpad) untuk menyusun kurva epidemiologi yang sesuai dengan kondisi pasien covid-19 di Kota Cimahi. Hal itu bisa menjadi dasar evaluasi kondisi penyebaran corona virus disease (covid-19) di Kota Cimahi.
Kepala Dinas Komunikasi Informasi Arsip dan Perpustakaan (Diskominfoarpus) Kota Cimahi Harjono bersama Sekretaris Dinas Kesehatan Kota Cimahi Chanifah Listyarini mengatakan, Pemkot Cimahi meminta bantuan dr Fedri dan tim FK Unpad untuk buat kurva epidemiologi. "dengan bantuan salah satu ahli epodemiologi spatial dari Unpad maka kami sedang mencoba membuat kurva epidemiologi yang sesuai dengan kondisi pasien Cimahi," ujarnya.
Kurva epidemi merupakan serangkaian data epidemiologi yang divisualisasi dalam bentuk grafis, menyajikan data ukuran waktu observasi dan acuan jumlah kasus.
Kurva tersebut berperan penting untuk memahami bagaimana penularan covid-19 di dalam komunitas.
Harjono menyatakan, sebetulnya sejak awal pandemi Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 (GT PPC) Kota Cimahi melakukan evaluasi dari sisi epidemilogi. Hasilnya dikompilasi bentuk infografis dipublikasikan di PICC dan media sosial.
"Dengan kurva epidemiologi yang benar maka dapat menjadi dasar penghitungan angka reproduksi sebagai bahan evaluasi PSBB yang telah dilakukan," katanya.
Di sisi lain, perkembangan penanganan covid-19 di Kota Cimahi menunjukkan sejak awal 3 kelurahan di Cimahi masuk zona hijau yaitu Cimahi-Pasirkaliki-Citeureup. "Dua kelurahan lain menuju zona hijau dengan angka kesembuhan 100% yaitu Karangmekar dan Cibeber," jelasnya.***

Pemerintah Daerah Kota Cimahi © 2020