Mensos Serahkan Bantuan Sosial Tunai Kepada 13.491 KPM di Kota Cimahi

Admin   10/05/2020 17:26 WIB

Mensos Serahkan Bantuan Sosial Tunai Kepada 13.491 KPM di Kota Cimahi

CIMAHI-  Menteri Sosial (Mensos) Juliari P. Batubara didampingi Kepala Dinsos Provinsi Jawa Barat dr.Dodo Suhendar , Wali Kota Cimahi Ajay Muhammad Priatna, Sekretaris Daerah Kota Cimahi Diikdik S Nugrahawan beserta jajaran PT Pos Indonesia menyerahkan Bantuan Sosial Tunai (BST) senilai Rp.600 ribu kepada 13.491 keluarga penerima manfaat (KPM) di Kota Cimahi, Penyerahan BST dilaksanakan di kantor PT Pos Indonesia Kota Cimahi, Minggu, (10/052020) Penyerahan BST ini merupakan bentuk hadirnya negara di tengah masyarakat pada masa pandemi Covid-19.

 
            Mensos mengatakan bahwa Kemensos diberikan tugas menyalurkan bansos tunai untuk melakukan penyelamatan atas kondisi penurunan daya beli masyarakat Indonesia, dan untuk menjaga kesehatan masyarakat di tengah pandemi covid-19,
Dia menjelaskan, bansos tunai senilai Rp.600 ribu diberikan kepada sembilan juta KPM selama tiga bulan, yakni April hingga Juni 2020. Pelaksanaan bansos tunai telah disalurkan oleh PT Pos Indonesia kepada sejumlah KPM di seluruh Indonesia.
dan telah dilaksanakan sejak 22 April 2020.

 

Mensos juga memberikan apresiasi kepada Pemerintah Kota Cimahi yang telah berperan aktif untuk menyukseskan penyaluran bansos tunai ini. Beliau berharap semua bantuan dari pusat bisa tersalurkan merata dan memberikan manfaat untuk meningkatkan kesejahteraan dan kesehatan KPM. Beliau pun menambahkan apabila ada masyarakat yg belum mendapa bansos dari pusat atau provinsi akan ditanggulangi pemerintah kota dengan syarat keluarga tersebut belum menerima bantuan dari pusat maupun provinsi.

 

Wali Kota Cimahi pada kesempatan tersebut mengucapkan terimakasih kepada Kemensos dan PT Pos yang telah membantu masyarakat Kota Cimahi yang terdampak Covid 19, Wali Kota Cimahi menambahkan bahwa pandemi ini tidak hanya berpengaruh dari kesehatan masyarakat kota Cimahi, tetapi sangat berpenaruh pada laju pertumbumbuhan ejkonomi dan dunia usaha di Kota cimahi

 

Beliau pun menyampaikan apabila masih ada masyarakat Kota Cimahi yang terdampak Covid 19 yang belum mendapatkan bantuan dari pusat ataupun provinsi, insha Allah akan medapatkan bantuan dan ditanggulangi dari APBD Kota Cimahi, tetapi bantuan diberikan pada Keluarga yang benar-benar membutuhkan. Beliau mengharapkan bantuan tersebut dapat meringankan beban masyarakat di tengah pandemi covid-19,

 

Wali Kota Cimahi juga menyampaikan   untuk memutus rantai penyebaran Covid 19 Kota Cimahi bersama beberapa kabupaten/kota se bandung raya sejak tanggal 22 April 2020 melaksanakan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) dan berlanjut Kota Cimahi melaksanakan PSBB Provinsi Jawa Barat.

           

PSBB dilaksanakan untuk agar masyarakat diam di rumah agar menjauhi kerumunan, tetapi selama psbb berlangsung masih ada masyarakat yang membandel, yang masih melakukan aktifitasnya tanpa merasa takut terpapar Covid 19, padahal Kota Cimahi berada pada zona merah Covid 19.

 

Perlu diketahui         berdasarkan data yang diterima dari Pusat Covid 19 Kota Cimahi, hingga hari ini, di kota  Cimahi terdapat 400 ODP, 32 PDP, 655 OTG dan 64 Positif Covid 19. dari total 400 ODP, 351 orang telah selesai diperiksa dan hasilnya negatif. sementara 49 lainnya masih dalam pemantauan ‘Kemudian dari 32 PDP, ada 15 orang yang negatif dan 17 dalam pengawasan. serta dari 655 OTG 561 dinyatakan negatif dan 94 masih dalam pemantauan, sedangkan dari 64 yang positif, 3 meninggal dunia, 15 orang sembuh dan yang 46 sedang diisolasi..

           

Dengan meningkatnya pasien yang terpapar Covid 19 di Kota Cimahi, untuk memutus rantai penyebaran Covid 19 tersebut, Wali Kota Cimahi berharap masyarakat untuk selalu mengikuti anjuran pemerintah dengan melaksanakan perilaku hidup sehat, selalu mencuci tangan pakai sabun dari air mengalir, gunakan masker apabila keluar rumah, jauhi kerumunan, dan jangan mudik, serta apabila merasakan gejala covid 19 agar degera ke fasilias kesehatan terdekat. mari kita lawan covid 19, dan berdoa agar pandemi ini cepat berakhir (BIDANG IKPS DISKOMINFOARPUS).

Pemerintah Daerah Kota Cimahi © 2020