Dispangtan Cimahi Optimis Produksi Padi Tahun ini Tercapai, Segini Targetnya

Admin   06/05/2020 10:16 WIB

Dispangtan Cimahi Optimis Produksi Padi Tahun ini Tercapai, Segini Targetnya
CIMAHI - Dinas Pangan dan Pertanian (Dispangtan) Kota Cimahi mengaku optimis target produksi padi tahun ini bisa tercapai. Tahun ini, roduksi padi di Kota Cimahi tahun ini ditargetkan naik hingga 1.679,16 ton. 
"Target tahun 2020 itu 1.679,16 ton. Kalau capaian tahun 2019 sebanyak 1.559,4 ton," terang Kepala Bidang Pertanian pada Dispangtan Kota Cimahi, Mita Mustikasari, Rabu (6/5/2020).

Produksi pada di Kota Cimahi tersebar pada 137,14 hektare lahan sawah di tiga kecamatan. Yakni Kecamatan Cimahi Utara 85 hektare, Kecamatan Cimahi Tengah 8 hektare dan Kecamatan Cimahi Selatan 47 hektare.

Lahan sawah tersisa itu digarap oleh sekitar 505 petani padi di Kota Cimahi, dengan produktifitas per hektarenya mencapai 6 ton lebih. Periode panen setiap tahunnya 2-3 kalu.

"Kalau pertanian itu Insya Alloh enggak terganggu Covid-19," ujar Mita.

Untuk meningkatkan produktifitas padi tahun ini, terang Mita, pihaknya melakukan berbagai upaya. Di antaranya
penggunaan Varietas Unggul Baru (VUB), penerapan teknologi sistem tanam jajar legowo, pemakaian pupuk berimbang.

Kemudian penggunaan alat mesin pertanian secara optimal, pengendalian hama dan penyakit tanaman hingga panen padi tepat waktu. "Iya mudah-mudahan dengan upaya-upaya tersebut bisa terus meningkatkan produksi padi di Kota Cimahi," sebut Mita.

Selain itu, lanjut Mita, pihaknya juga terus meningkatkan kemampyan para petani dengan penyuluhan, pendampingan dan berbagai kegiatan pengenalan budidaya padi untuk meningkatkan produktifitas padi.

"Kami terus melakukan penyuluhan dan pendampingan kepada petani. Terutama bagaimana meningkatkan produktifitas padi di Kota Cimahi," bebernya.

Diakui Mita, meski produksi padi di Kota Cimahi terus mengalami peningkatan setiap tahunnya, namun belum mampu memenuhi kebutuhan pangan warganya yang mencapai sekitar 3.700 ton setiap bulannya.

"Produksi beras Kota Cimahi hanya bisa mencukupi 4 persen dari kebutuhan penduduk Cimahi. Sisanya dipenuhi dari luar Kota Cimahi," pungkasnya.

Koordinator Penyuluh Kota Cimahi, Yuyu Yuhartoni mengatakan, ada enam sentra komiditas padi di Kota Cimahi. Yakni Kelurahan Cibabat dan Citeureup di Kecamatan Cimahi Utara, Kelurahan Cibeber dan Leuwigajah Kecamatan cimahi Selatan dan Kelurahan Padasuka di Kecamatan Cimahi Tengah.

"Varietas yang kami tanam Inpari 42, Ciherang dan Nawacita dengan benih kesatu dan ketiga sehingga hasilnya tinggi," terangnya.

Pemerintah Daerah Kota Cimahi © 2020