KETUA PKK PROV JABAR MENINJAU DAPUR UMUM CIMAHI SELATAN

Admin   29/04/2020 09:33 WIB

KETUA PKK PROV JABAR MENINJAU DAPUR UMUM CIMAHI SELATAN

CIMAHI- Ketua TP PKK Provinsi Jawa Barat, Atalia Ridwan Kamil meninjau operasional dapur umum di Kecamatan Cimahi Selatan, Kota Cimahi, dan disambut baik oleh Ketua TP. PKK Kota Cimahi Hj. Roro Lucyani Priatna yang didampingi oleh Camat Cimahi Selatan, Tuti Hestiantina, serta Ketua Karang Taruna Kota Cimahi Bilal Insan Muhammad Priatna , Senin (27/04/2020).

Dapur umum yang dikelola PKK Kecamatan bekerja sama dengan PKK Kota Cimahi dan PKK Provinsi Jabar ini sekaligus menjadi program Gerakan Nasi Bungkus (Gasibu) dalam rangka bantuan sosial (bansos) kemasyarakatan selama Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB).

Ketua PKK Kota Cimahi dalam laporannya menyebutkan bahwa Kota Cimahi mendirikan Dapur Umum di Tiga Kecamatan.di Kota Cimahi, yang mulai berdiri sejak dibelakukannya PSBB di Kota Cimahi pada tanggak 22 April 2020. Ketua TP PKK Kota Cimahi menambahkan bahwa selain dari bansos Provinsi jabar dan Pemerintah Kota Cimahi, Dapur umum tersebur merupakan swadaya kecamatan serta masyarakat Kota Cimahi juga bantuan dari para donatur.

Setiap harinya, nasi bungkus yang dibuat dan disebarkan kepada warga yang membutuhkan di wilayah Kota Cimahi, yaitu 150 bungkus di wilayah Cimahi Utara, 250 bungkus  di Cimahi Tengah serta 400 bungkus di Kecamatan Cimahi Selatan.

Gasibu merupakan arahan Gubernur Jabar Ridwan Kamil untuk menjangkau lapisan masyarakat yang tidak tersentuh bantuan pemerintah dan memastikan tidak ada warga yang kelaparan di tengah pandemi COVID-19.

Pada kesempatan tersebut Ketua TP PKK Provinsi Jawa Barat secara simbolis menyerahkan bantuan untuk operasional dapur umum kepada Ketua TP PKK Kota Cimahi. Beliau mengatakan Bantuan berupa uang tunai, sembako dan lainnya dari pemerintah pusat, pemerintah provinsi, maupun pemerintah kota dan kabupaten tentu tidak mampu secara menyeluruh menghilangkan permasalahan kelaparan ini, oleh karena itu TP PKK Provinsi Jawa Barat, kota/kabupaten, kecamatan, kelurahan/desa, bergerak untuk membuat nasi bungkus tersebut.

Bantuan yang diberikan oleh Provinsi Jawa Barat yaitu uang sebesar satu juta rupiah perkecamatan serta satu kwintal beras per kelurahan.

            Sedangkan Ketua Karang Taruna Kota Cimahi mengatakan Program ini merupakan sebuah inovasi yang baik dari Pemerintah Provinsi Jawa Barat, terlebih dengan melibatkan seluruh pilar-pilar sosial pada kegiatan Gasibu, salah satunya adalah Karang Taruna yang dilibatkan dalam pendistribusian nasi bungkus kepada masyarakat terdampak Covid 19.(BIDANG IKPS DISKOMINFOARPUS).

Pemerintah Daerah Kota Cimahi © 2020