Persiapan Pemetaan PSBB, Pemkot Cimahi Gelar Rapid Test dan Swab Test

Admin   17/04/2020 08:21 WIB

Persiapan Pemetaan PSBB, Pemkot Cimahi Gelar Rapid Test dan Swab Test
CIMAHI.-Pemerintah Kota Cimahi menggelar rapid test dan swab test yang berlangsung di sejumlah titik secara serentak, Kamis (16/4/2020). Hal ini untuk mengetahui peta penyebaran dan potensi penularan Corona Virus Disease (Covid-19). Kepala Dinas Komunikasi Informasi Arsip dan Perpustakaan (Diskominfoarpus) Kota Cimahi, Harjono menjelaskan rapid test dan swab rest ini dilakukan di lima titik dengan jumlah peserta ratusan orang.  "Rapid test ini untuk mendeteksi potensi kasus baru sesuai  riwayat kontak dengan pasien yang terkonfirmasi positif corona," ujar Kepala Dinas Komunikasi Informasi Arsip dan Perpustakaan (Diskominfoarpus) Kota Cimahi.
Rapid test dapat memunculkan hasil dalam waktu 15 menit. Sedangkan hasil swab tes akan dibawa ke Labkesda untuk mengetahui hasilnya. 
Dia  menjelaskan, rapid test dan swab test dilakukan untuk mengetahui peta penyebaran dan potensi penularan. "Hal ini dilakukan sebagai persiapan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB), hasil tes nanti akan muncul peta sebaran sehingga bisa  pengawasan lebih ketat," ucapnya.
Pelaksanaan rapid test juga wajib dilakukan oleh perusahaan yang tetap beroperasi selama PSBB berlangsung. Pemkot Cimahi meminta perusahaan di Kota Cimahi untuk menutup operasional selama 14 hari tersebut.
"Apabila tetap beroperasi harus mengajukan ijin kepada Pemerintah Kota Cimahi dan melakukan skrining seluruh pegawainya dengan melaksanakan rapid test. Hal ini dilakukan untuk hasil PSBB yang efektif," ucapnya.***

Pemerintah Daerah Kota Cimahi © 2020