Buruh Terdampak PHK di Cimahi Bakal Didaftarkan ke Kartu Pra Kerja

Admin   13/04/2020 10:02 WIB

Buruh Terdampak PHK di Cimahi Bakal Didaftarkan ke Kartu Pra Kerja
CIMAHI - Dinas Ketenagakerjaan (Disnaker) Kota Cimahi bakal mendaftarkan buruh yang dirumahkan dan terkena Pemutusan Hubungan Kerja (PHK) untuk menjadi penerima Kartu Pra Kerja milik pemerintah pusat.

Data teranyar, tercatat ada 961 buruh di Kota Cimahi yang dirumahkan dan terkena PHK sebagai dampak Corona Virus Disease (Covid-19), dimana perusahaan kekurangan order dan berdampak terhadap roda ekonominya.

"Kita akan daftarkan untuk mendapatkan Kartu Pra Kerja," kata Kepala Bidang Hubungan Industrial dan Jamsostek Kota Cimahi, Uce Herdiana, Senin (13/4/2020).

Dikatakannya, ratusan karyawan yang dirumahkan dan di-PHK berasal dari 12 perusahaan yang ada di Kota Cimahi.
“Sudah ada 8 perusahaan yang melakukan PHK dengan jumlah karyawan 406. Ada 3 perusahaan yang merumahkan karyawan dengan total 555 orang,” terang Uce.

Ia menjelaskan, perusahaan yang melakukan PHK hingga kini masih beroperasi. Hanya saja ada pengurangan pekerjanya akibat penurunan order yang dialami perusahaan selama pandemi Covid-19.

“Tetap jalan hanya mengurangi pekerjanya,” ucapnya.

Sedangkan perusahaan yang merumahkan pekerjanya, terang Uce, masih ada hubungan kerja dengan perusahaan. Namun besaran upah dimuysawarahkan dengan mengacu kepada Surat Edaran Menteri Ketenagakerjaan RI Nomor M/3/HK.04/III/2020.

“Ketika suasana keberlangsungan sudah kondusif maka pekerja yang dirumahkan dipanggil lagi oleh perusahaan,” jelas Uce.

Uce melanjutkan, mayoritas perusahaan di Kota Cimahi masih bekerja. Hanya saja mayoritas sudah menerapkan libur bergilir. Ada juga yang mengurangi jam kerjanya dan masih beroperasi normal dengan menerapkan anjuran pemerintah seperti menggunakan masker serta pola physical dan social distancing.

“Allhamdulilah mayoritas masih beroperasi dengan mematahui protokol kesehatan yang dianjurkan. Perursahaan besar menangah kecil ada 266,” pungkas Uce.

Pemerintah Daerah Kota Cimahi © 2020