Waspada Aksi Tidak Bertanggungjawab Manfaatkan Covid-19, Pemkot Cimahi Tidak Pernah Melakukan Pungutan Sumbangan Ke Masyarakat

Admin   13/04/2020 07:18 WIB

Waspada Aksi Tidak Bertanggungjawab Manfaatkan Covid-19, Pemkot Cimahi Tidak Pernah Melakukan Pungutan Sumbangan Ke Masyarakat
CIMAHI.-Masyarakat Kota Cimahi diminta mewaspadai aksi oknum tidak bertanggungjawab untuk meraup keuntungan pribadi mengatasnamakan Pemerintah Kota Cimahi. Sejumlah pihak melapor didatangi beberapa oknum yang mengatasnamakan pemerintah meminta sumbangan untuk bantuan Covid-19.
Laporan diantaranya muncul di wilayah Kecamatan Cimahi Utara. Warga melapor adanya oknum di daerah Kolonel Masturi yang meminta sumbangan door to door ke masyarakat mengatasnamakan puskesmas.
Dinkes Kota Cimahi membantah hal tersebut. "Hal itu tidak benar. Dinkes Kota Cimahi maupun puskesmas tidak pernah meminta sumbangan apapun untuk kepentingan apapun termasuk penanganan kasus covid-19 di Kota Cimahi," ujar Kepala Dinkes Kota Cimahi drg. Pratiwi.
Jika masyarakat mendapati kedatangan oknum tersebut agar tidak perlu ditanggapi. "Kalau ada yang minta sumbangan seperti itu tolak saja dan laporkan langsung ke aparat penegak hukum," katanya.
Hal serupa diungkapkan Kepala Dinas Komunikasi Informasi Arsip dan Perpustakaan (Diskominfoarpus) Kota Cimahi Harjono. "Pemerintah Kota Cimahi tidak melakukan pungutan sumbangan dari masyarakat. Jika ada yang datang mengatasnamakan pemerintah Dinas Kesehatan agar jangan ditanggapi. Bila perlu diminta surat tugas dan identitas pribadi. Jika tidak bisa menunjukan identitas diri bisa segera laporkan ke pihak yang berwajib," katanya. 
Layanan Pemkot Cimahi untuk menangani kasus covid-19 menggunakan dana dari APBD Kota Cimahi tahun 2020. "Semua layanan tidak dipungut biaya, termasuk penyemprotan disinfektan oleh Tim Damkar Kota Cimahi. Masyarakat bisa mengakses layanan tersebut dengan mengajukan permohonan secara resmi, akan dilayani bertahap sesuai ketersediaan cairan disinfektan dan jadwal petugas," ungkapnya.***

Pemerintah Daerah Kota Cimahi © 2020