Hadapi Pandemi Covid-19, Pemkot Cimahi Refocused APBD Kota Cimahi 2020

Admin   13/04/2020 07:16 WIB

Hadapi Pandemi Covid-19, Pemkot Cimahi Refocused APBD Kota Cimahi 2020
CIMAHI.-Perkuat penanganan pandemi virus corona disease (Covid-19), Pemerintah Kota Cimahi susun refocused pembiayaan pada APBD Kota Cimahi 2020. Penghitungan kebutuhan penanganan covid-19 meliputi pelayanan medis hingga anggaran untuk Jaring Pengaman Sosial bagi warga yang terdampak secara sosial ekonomi atas kondisi saat ini.
Sekertaris Daerah Kota Cimahi Dikdik S. Nugrahawan mengatakan, semua program kegiatan pada APBD 2020 masuk prioritas pembangunan. "Kemunculan pandemi corona tidak diprediksi sebelumnya, membuat Kota Cimahi akhirnya menggeser sebagian anggaran untuk penanganan. Akan ada program yang ditunda, bahkan bisa tidak jadi dilaksanakan," ujarnya.
Pemkot Cimahi sudah mencairkan anggaran Belanja Tak Terduga (BTT) untuk penanganan covid-19. "Sudah dibicarakan ke dinas-dinas dan mereka persilahkan anggaran direalokasi karena penanganan covid butuh kerja bersama," imbuhnya.
Realokasi anggaran juga sudah dibahas bersama DPRD Kota Cimahi. "Bahkan, DPRD Kota Cimahi mempersilahkan anggaran yang tidak terserap untuk bisa kita manfaatkan," katanya.
Ketua DPRD Kota Cimahi Achmad Zulkarnain menyatakan hal serupa. "Kita dorong Pemkot Cimahi geser anggaran untuk dipakai penanganan covid," ucapnya.
Pihaknya berharap refocused anggaran untuk penanganan covid-19 bisa mendukung layanan medis secara optimal dan kegiatan lainnya.
"Kita berharap rumah sakit rujukan betul-betul disupport sehingga penanganan medis bisa optimal," imbuhnya.***

Pemerintah Daerah Kota Cimahi © 2020