Layanan Kebersihan Selama Pandemi Covid-19 Tetap Berlangsung

Admin   13/04/2020 07:14 WIB

Layanan Kebersihan Selama Pandemi Covid-19 Tetap Berlangsung
CIMAHI.-Layanan pengangkutan sampah di Kota Cimahi tetap berlangsung meski himbauan pemerintah untuk beraktifitas di rumah terus digaungkan selama pandemi virus Corona Disease (Covid-19) di Kota Cimahi. Volume sampah Kota Cimahi selama masa social distancing belum menunjukkan lonjakan berarti.
Demikian diungkapkan Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kota Cimahi M. Ronny. "Sampah tidak ada perubahan timbulan, per hari masih tetap kisaran 50 - 55 ritasi," ujarnya.
Data DLH Kota Cimahi, timbulan sampah tahun 2019 mencapai 270,399 ton per hari. Dari total produksi sampah, sebanyak 259,757 ton (96,06 persen) diangkut ke Tempat Pembuangan Akhir (TPAS) Sarimukti, Kabupaten Bandung Barat setiap hari dan sisanya tidak tertangani.
"Pelayanan jalan terus, khususnya dalam pengangkutan sampah. Kalau kita berhenti mengangkut dan membersihkan sampah bahaya terhadap lingkungan. Apalagi dalam kondisi ancaman penyebaran wabah virus corona," katanya.
Petugas kebersihan yang bekerja di lapangan memang rentan terhadap berbagai penyakit. Karena itu, saat ini pihaknya mewajibkan kepada semua petugas untuk mengikuti SOP dalam bekerja.
"Seperti menggunakan masker, sarung tangan, cuci tangan pakai sabun kalau sudah selesai bekerja. Peralatan itu kami lengkapi," ujarnya.
Kendala yang dihadapi petugas lainnya, yaitu sampah masker tersebut tercampur dalam sampah rumah tangga. "Masker medis seharusnya dipisahkan dari sampah rumah tangga. Penanganannya berbeda, tidak diangkut ke TPA. Perlunya penyuluhan kepada masyarakat dan pentingnya pemilahan sampah selama masa pandemi corona mestinya tidak terhenti," tuturnya. ***

Pemerintah Daerah Kota Cimahi © 2020