Waspada Pandemi Virus Corona, Pelajar SD-SMP Belajar Di Rumah

Admin   16/03/2020 15:04 WIB

Waspada Pandemi Virus Corona, Pelajar SD-SMP Belajar Di Rumah

CIMAHI.- Pemerintah Kota Cimahi memberlakukan pengalihan kegiatan belajar di rumah bagi siswa SD-SMP se-Kota Cimahi menghadapi pandemi virus corona (covid-19) sesuai arahan Gubernur Jabar mulai Selasa 17 Maret 2020. Jajaran sekolah harus mempersiapkan diri untuk materi pembelajaran siswa di rumah agar selama rentang waktu tersebut bisa tetap optimal.
"Untuk sekolah kita merencanakan meliburkan tapi anak-anak bisa tetap belajar di rumah, jangan diajak liburan," ujar Wali Kota Cimahi Ajay M. Priatna.
Pada Senin 16 Maret 2020, Pemkot Cimahi melalui Disdik Kota Cimahi akan membahas penanganan pandemi Virus Corona secara menyeluruh termasuk di satuan pendidikan. "Senin 16 Maret 2020 tetap masuk dan dikumpulkan bersama orangtua. Diberi pengertian oleh sekolah untuk mengisi waktu pembelajaran di rumah dengan baik. Kita kumpulkan jajaran sekolah termasuk ajak orangtua sehingga tujuan pembelajaran di rumah menjadi tercapai," katanya.
Wali kota menekankan, pihak sekolah menyiapkan bahan ajar selama siswa berada di rumah. "Saya tekankan ke kadisdik agar guru beri tugas selama 2 minggu, jadi anak-anak ketika tidak belajar di sekolah bisa mengerjakan tugas," tegasnya.
Kepala Disdik Kota Cimahi Hendra Gunawan menyatakan pihaknya menyebarkan surat ke jajaran sekolah dengan surat Nomor : 443/414- disdik tertanggal 15 Maret 2020 Tentang Proses Kegiatan Belajar Mengajar Satuan Pendidikan di Kota Cimahi.
Libur sekolah akan berlangsung mulai 17-28 Maret 2020. "Seluruh Sekolah/Lembaga pendidikan tidak melaksanakan KBM di sekolah, siswa melaksanakan Pembelajaran Mandiri dalam 14 hari tersebut bersama-sama orang tua masing masing di rumah," jatanya.
Guru tetap memberikan materi pembelajaran via online, baik via WA Grup, Web Sekolah atau telah disiapkan sebelum upacara selesai sehingga target kurikulum tetap tercapai.
"Selama belajar di rumah dalam 14 hari tersebut, orang tua siswa menjamin siswa untuk tetap berada di rumah, tidak bepergian ke tempat keramaian. Orangtua juga agar melaporkan setiap hari kondisi kesehatan anaknya melalui wali kelas," jelasnya.
Terkait penanganan dan pencegahan situasi terkini tentang Virus Corona, setiap orang tua agar berkoordinasi dan berkonsultasi ke puskesmas terdekat. "Untuk penanganan dan pencegahan virus corona di Kota Cimahi sudah tersedia Posko Tanggap Darurat Covid-19 Kota Cimahi. Melaksanakan Gerakan Masyarakat Hidup Sehat (Germas) dan Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) dalam kehidupan sehari-hari. Jangan lupa  berdoa kepada Alloh SWT agar kita semua mendapat rida dan perlindungan dari-Nya terutama dari virus corona," tandasnya.***

Pemerintah Daerah Kota Cimahi © 2020