Buka Mukernas Stikes Achmad Yani, Ajay Ungkap Potensi Kota Cimahi

Admin   09/03/2020 06:36 WIB

Buka Mukernas Stikes Achmad Yani, Ajay Ungkap Potensi Kota Cimahi

CIMAHI – Wali Kota Cimahi, Ajay Muhammad Priatna membuka Seminar Nasional Musyawarah Kerja Nasional (Mukernas) ISMKMI XVII Stikes Achmad Yani Tahun 2020 di Gedung Techno Park Cimahi, Jalan Raya Baros, Minggu (8/3/2020).

 

Dalam kesempatan tersebut, Ajay menyampaikan bahwa Kota Cimahi memiliki potensi pengembangan daerah sebagai pusat pelayanan jasa yang berbasis pada Sumber Daya Manusia, terutama di bidang industri, pendidikan, perdagangan, pariwisata dan kesehatan.

 

“Kita memiliki potensi sebagai pusat pelayanan  jasa yang berbasis pada sumber daya manusia,” ujar Ajay.

 

Ajay menjelaskan, potensi itu dilihat berdasarkan wilayah Kota Cimahi yang berada di lintas jalan nasional yang menghubungkan Kota Bandung - Kota Jakarta, Jalan Tol Cileunyi-Purwakarta-Padalarang, serta jalur Kereta Api Bandung - Jakarta. 

 

“Tentunya kedudukan geografis yang sangat  strategis dan terletak di persimpangan jalur kegiatan ekonomi regional dan sebagai kota inti Bandung Raya yang berdampingan dengan Ibu Kota Provinsi Jawa barat yang sangat dinamis,” jelas Ajay.

 

Khusus pelayanan di bidang kesehatan, terang Ajay, Kota Cimahi yang hanya memiliki luas wilayah

40,37 km2 yang terdiri dari 3 tiga kecamatan, 15 kelurahan, 312 rw sudah dilengkapi dengan 6 rumah sakit, 13 Puskesmas dengan 3 puskesmas poned, 1 puskesmas dengan tempat rawat inap dan mempunyai 402 posyandu.  

 

Selain itu, klaim Ajay,  pembangunan kesehatan sebagai pelaksanaan amanat Undang-Undang Dasar Tahun 1945 telah mencapai hasil yang menggembirakan. “Pembangunan kesehatan kita telah berkontribusi dalam pembangunan manusia dengan meningkatnya nilai indeks pembangunan manusia dan usia harapan hidup,” bebenya.

 

Ajay mengungkapkan, ada tiga pilar strategi pembangunan kesehatan yang dibangun, yakni  paradigma sehat, penguatan akses pelayanan kesehatan dan penyediaan biaya melalui Jaminan Kesehatan Nasional (JKN), melalui program Gerakan Masyarakat Hidup Sehat (Germas).

 

Kemudian program Indonesia Sehat dengan Pendekatan Keluarga (PIS PK), program nusantara sehat dan program JKN, bersama seluruh komponen kesehatan baik lintas program maupun lintas sektor. “Hal tersebut menunjukan dengan kerja sama kita telah berhasil mempersiapakan generasi sehat untuk Indonesia unggul pada tahun 2045,” tandas Ajay.

 

Dalam kesempatan tersebut, Ajay menyampaikan pihaknya mendukung pemerintah pusat dalam antisipasi dan pencegahan penyebaran virus corona atau covid-19 melalui empat poin, yaitu meningkatkan pencegahan dan kontrol infeksi serta pencegahan penyebaran lanjutan, kampanye kesehatan harus digalakan utamanya sosialisasi pencegahan virus corona, mengimbau agar masyarakat untuk tetap tenang.

 

“Dan berkoordinasi dengan instansi terkait untuk menjaga iklim kondusif dan ketersediaan kebutuhan pokok masyarakat dengan harga yang stabil,” tandasnya.

Pemerintah Daerah Kota Cimahi © 2020