Jahe Merah dan Temu Lawak Bisa Tingkatkan Daya Tahan Tubuh, Apa Hubungannya dengan Corona?

Admin   09/03/2020 06:30 WIB

Jahe Merah dan Temu Lawak Bisa Tingkatkan Daya Tahan Tubuh, Apa Hubungannya dengan Corona?

CIMAHI - Dinas Kesehatan Kota Cimahi menyebutkan, rempah tradisional seperti jahe merah dan temu lawak memiliki khasiat untuk meningkatkan daya tahan tubuh.

 

Seperti diketahui, sejak diumumkannya kasus positif Coronavirus Disease (Covid-19) di Jawa Barat, jahe merah dan temu lawak menjadi rempah tradisional yang paling dicari di Kota Cimahi. Bahkan, dalam beberapa hari terakhir ini, kedua rempah tersebut sangat langka di pasaran.

 

“Intinya bahan-bahan tersebut memang sifatnya menaikan daya tahan tubuh,” kata Sekretaris Dinas Kesehatan Kota Cimahi, Chanifah Listiaryni saat ditemui di Techno Park Cimahi, Jalan Raya Baros, Minggu (8/2/2020).

 

Ia menjelaskan, penyebab Covid-19 adalah virus, dan salah satu untuk mencegahnya adalah kekebalan daya tahan tubuh. Jika daya tahan ubuh lemah, jelas Rini, maka virus akan dengan mudah masuk ke dalam tubuh.

 

“Sehingga hal yang paling mudah dan murah adalah semua harus meningkatkan daya tahan tubuh,” jelas Rini, sapaan Chanifah.

 

Selain itu, lanjut Rini, hal yang terpenting adalah menjaga Pola Hidup Bersih dan Sehat (PHBS), seperti mencuci tangan menggunakan sabun dan air mengalir. Kemudian sering mengkonsumsi buah-buahan dan sayuran serta istirahat yang cukup.

 

“Pakai masker kalau sedang sakit batuk, pilek. Hindari untuk bersentuhan langsung dengan mulut mata dan hidung,” imbuh Rini.

 

Sebelumnya, jahe merah dan temu lawak menjadi bahan yang paling sulit dicari di pasar traisional Kota Cimahi. Selain sulit, harganya juga tiba-tiba mahal seiring merebaknya virus corona.

Pemerintah Daerah Kota Cimahi © 2020