Hadapi Virus Corona, Pemkot Cimahi Buka sko Tanggap Darurat Virus Corona

Admin   05/03/2020 09:39 WIB

Hadapi Virus Corona, Pemkot Cimahi Buka sko Tanggap Darurat Virus Corona
CIMAHI.- Pemerintah Kota Cimahi mendirikan Posko Kesehatan Tanggap Darurat Virus Corona (Covid-19). Pendirian dilakukan sebagai bagian  langkah pencegahan penyebaran virus corona di Kota Cimahi.
Lokasi posko beraa di kantor Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Cimahi di gedung C lantai 3 kompleks Pemkot Cimahi Jalan Raden Demang Hardjakusumah Kota Cimahi. Terdapat petugas jaga yang bisa dikontak masyarakat jika membutuhkan atau melaporkan dugaan kasus corona di Kota Cimahi.
"Posko dibuat sebagai sarana edukasi dan informasi mengenai penyakit Corona. Masyarakat yang membutuhkan informasi mengenai corona bisa mengakses posko tersebut," ujar Kepala Dinkes Kota Cimahi drg. Pratiwi, Kamis 5 Maret 2020.
Pratiwi mengatakan, sejak Januari 2020 Dinkes Kota Cimahi sudah buat edaran ke puskesmas untuk meningkatkan kesiagaan menghadapi virus corona. Serta mengajak masyarakat tingkatkan perilaku hidup bersih dan sehat (PHBS).
"Cimahi mudah-mudahan enggak ada kasus Corona. Sudah dibuat standar operasional prosedur (SOP) penanganan pasien terduga corona, peralatan disiapkan juga. Puskesmas sudah siap, RSUD Cibabat juga sudah ada ruang skrining," katanya.
Dia menekankan, yang paling penting mengajak masyarakat waspada dan tidak panik. "Jangan berlomba mencari masker sampai berapapun dibeli. Masker hanya untuk yang sakit," imbuhnya.
Pihaknya menekankan agar masyarakat menerapkan hidup sehat melalui Gerakan Masyarakat Hidup Sehat (Germas) dan PHBS.
"Virus corona dapat dilawan dengan daya tahan tubuh yang baik. Karena itu, terpenting menjaga kondisi tubuh dengan menerapkan Germas dan PHBS," tuturnya.***

Pemerintah Daerah Kota Cimahi © 2020